Warga Jember Gelar Jalan Sehat Hingga Karnaval Rayakan Peringatan Kemerdekaan

0
Warga Jember Gelar Jalan Sehat Hingga Karnaval Rayakan Peringatan Kemerdekaan

JEMBER,(kabarjawatimur.com) – Pekan-pekan terakhir di bulan Agustus benar-benar dimanfaatkan warga untuk merayakan peringatan hari Kemerdekaan RI ke 77 tahun. Demikian juga di Kabupaten Jember, warga menggelar kegiatan yang dua tahun terakhir terhenti akibat dampak pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah kegiatan jalan sehat yang digelar khususnya warga RW 023 Lingkungan Wetan Kantor, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang. Sejak pagi hari warga telah berkumpul untuk melakukan jalan sehat, Minggu (21/8/2022).

Agar semakin menarik, panitia acara menyiapkan ratusan hadiah yang diundi dari sembako hingga peralatan elektronika.

Menurut Ketua RW 023 Prasetyo Hadi, warga bersyukur pandemi Covid 19 telah melandai sehingga dapat menggelar berbagai kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.”Iya dua tahun ini kan tidak ada kegiatan perlombaan karena pemerintah melarang warga berkerumun untuk memutus penularan virus corona,” ujarmya.

Baca Juga  Bupati Jember Hendy Target PDAM Tirta Pandalungan Setor PAD Rp 2-3 Miliar

“Alhamdulillah tahun ini covid sudah melandai pemerintah telah mengizinkan warga untuk berkegiatan sehingga kita kembali menggelar lomba-lomba sejak awal bulan Agustus lalu dan ditutup hari ini dengan jalan sehat berhadiah,”sambungnya.

Di lokasi berbeda sekitar 350 warga dari 6 blok di lingkungan Perumahan Bumi Tegal Besar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates. Menggelar kegiatan karnaval dengan catwalknya berkeliling di jalanan perumahan.

Loading...

Kegiatan karnaval itu sangat atraktif, karena dari masing-masing blok menampilkan kebudayaan asli Indonesia yang dikolaborasikan dengan menampilkan kostum ala Jember Fashion Carnaval (JFC).

Terkait kegiatan karnaval ini, kata Ketua RT 02 RW 18 Perumahan Bumi Tegal Besar Jember Dedi Nurdiansyah, sebagai ungkapan syukur Hari Kemerdekaan Ke-77 RI dan setelah lepas dari Pandemi Covid-19.

Baca Juga  Maling Apes, Dihajar Usai Gasak PCX Milik Salon

“Adanya kegiatan karnaval ini, untuk memperingati 17 Agustus 2022, sebagai upaya kali menjalin guyup rukun antar warga. Karena di perumahan kami belum ada kegiatan seperti ini. Jadi kita coba untuk karnaval tapi di wilayah perumahan,” kata Dedi saat dikonfirmasi disela kegiatan, Minggu (21/8/2022).

“Kemudian kenapa diadakan sekarang? ya karena kan dua tahun lalu pandemi Covid. Jadi kita laksanakan sekarang. Padahal gagasan karnaval di perumahan ini, rencananya dua tahun lalu sebelum adanya (pandemi) Covid,” sambungnya.

Peserta karnaval itu, lanjut Dedi, ratusan warga yang ada di wilayah perumahan.

“Total peserta ada kurang lebih 350 warga terdiri dari 6 blok, yang setiap blok menampilkan kesenian daerah dari Indonesia. Ada Kesenian dari Dayak, Bali, Madura, dan lain-lain,” sebutnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakSemarak HUT RI ke-77 di Desa Daleman

Tinggalkan Balasan