Wakil Bupati Bojonegoro Hadiri Dan Buka Pesta Siaga 2018

27

BOJONEGORO (kabarjawatimur.com) – Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Budi Irawanto, M.Pd, membuka pesta siaga 2018 Kuartir Cabang Bojonegoro, bertempat di lapangan SMT (Sekolah Model Terpadu). Sabtu (22/12/2018).

Kegiatan dihadiri oleh Forpimda Kabupaten Bojonegoro, Ketua dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro, Ketua dan pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kwarcab Bojonegoro, ketua Mabigus, Pembinan Gugus Depan, dan anak-anak peserta pesta siaga.

Acara teraebut bertujuan untuk mengajak anak-anak berpartisipasi aktif dalam berpramuka, selain itu juga untuk memberikan wawasan tentang kegiatan pramuka yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Kwartir Cabang Bojonegoro Drs. H. Hanafi dalam laporannya menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawab gerakan pramuka untuk senantiasa mempersiapkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan rekreatif, sesuai dengan definisi kepanduan dari World Organization Of The Scout Movement, bahwa organisasi pramuka adalah organisasi yang mengemban misi untuk memberikan kontribusi pendidikan kepada generasi muda, melalui sistem nilai yang berdasarkan pada kode penghormatan pramuka, sebagai upaya untuk membangun dunia menjadi lebih baik.

Berikut tujuan inti dari kegiatan pesta siaga 2018 :
1. Membangun citra pramuka sebagai alternatif unggul pendidikan non-formal bagi anak dan remaja di luar sekolah dan diluar rumah.
2. Menjadikan pesta siaga sebagai media bertukar kegiatan dan menjadi contoh alternatif untuk kegiatan pramuka, anak dan remaja.
3. Memberi media bekerjasama, saling pengertian dan saling menghormati bagi anak dan remaja dengan beragam asal dan latar belakang.
4. Peningkatan kualitas kepengalaman (mental spiritual, berfikir, bertindak, berbudi pekerti).
5. Peningkatan persaudaraan dan persahabatan sesama siaga.
6. Unjuk prestasi dan kreasi pramuka siaga.
7. Penguatan pengalaman siaga.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Datangi Rumah Keluarga Anak Tenggelam

Sedangkan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan ada dua jenis yaitu:
1. Bidang pengetahuan dan kecerdasan meliputi: golden scout chalange, lomba mewarnai, english competition, ranking satu.
2. Obidang seni, ketrampilan, ketangkasan dan olahraga meliputi lomba balap karung estafet, lomba balap egrang estafet, lomba lempar bola, lomba memasukan paku dalam botol.

Loading...
* Wabup bersama forpimda saat melepas balon

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Drs. Budi Irawanto, M.Pd, menyampaikan Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Baca Juga  7 Gengster Pembacok Satpam di Pakuwon City Dibekuk Polres Perak

Kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat UU gerakan pramuka tersebut, dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa indonesia.

” Gerakan Pramuka adalah tempat menimba keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya, di Organisasi Gerakan Pramuka ini kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab serta belajar memimpin anggota yang lain ” ungkap Wabup.

Semuanya itu, masih menurut Wabup, menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil, sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka.

” Oleh karena itulah, melalui kegiatan pesta siaga, karakter bangsa perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembelajaran yang kontinyu dalam rangka menguatkan pendidikan karakter dan kebangsaan ” pungkas Wabup Bojonegoro.

Tema pesta Siaga Tahun 2018 adalah Terampil, Bersahabat, dan Berprestasi, anak anak peserta siaga harus terampil dalam melaksanakan kegiatan yang ada, menemukan sahabat sahabat yang baru untuk saling mengenal dan menyapa dari seluruh kabupaten Bojonegoro.

Sumber : Humas Pemkab Bojonegoro

Reporter : Dariyuz
Editor : Pradah

Loading...
Artikulli paraprakIni Kata Kang Maskur Tentang Sakralnya Sosok Seorang Ibu
Artikulli tjetërKunci “T” Terjatuh Sebabkan Tiga Pemuda Surabaya Dibekuk

Tinggalkan Balasan