Wabup Gresik Turun Tangan Semprotkan Disinfektan dan Bagikan Masker

5

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Pemkab Gresik terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan atas penyebaran virus corona. Meski hingga kini belum ada warga Gresik yang terkonfirmasi positif covid-19.

Berharap warganya tidak terjangkit virus mematikan tersebut, Wakil Bupati Gresik Moh Qosim turun tangan menyemprotkan cairan disinfektan dan membagikan ribuan masker kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Sebanyak 4 unit mobil damkar bermuatan cairan disinfektan diterjunkan di beberapa titik ruas jalan. Mulai dari wilayah Bunder, Veteran, dr Soetomo, Usman Sadar, Samanhudi, Jaksa Agung Suprapto, Pahlawan, Raden Santri hingga mengati yang berbatasan dengan Surabaya.

Loading...

“Selain melakukan penyemprotan di beberapa ruas jalan, kita juga membagikan cairan disinfektan ke tempat ibadah seperti masjid, musholla, gereja, pura dan klenteng,” tutur Moh Qosim, Rabu (25/03/2020).

Dia mengatakan, pihaknya juga membagikan masker gratis kepada para tukang becak, pedagang kecil, pengunjung pasar dan pengguna jalan yang melintas. Hal ini dikarenakan keberadaan masker sudah langka dan harganya cukup mahal.

“Masker ini sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang berada di luar rumah. Seperti tukang becak, PKL dan pengunjung pasar. Bukan hanya harganya yang malah, tapi keberadaannya juga langka,” ungkapnya.

Terkait maraknya himbauan pembubaran kerumunan massa baik di warung, kafe, dan acara hajatan pernikahan, Qosim pun menegaskan bila pemerintah daerah tidak ada niatan untuk menutup usaha dan menyetop kegiatan hajatan.

“Kita ingatkan jangan sampai berlebihan. Kalau mau ngopi yang silahkan, tapi begitu selesai ngopi ya pulang. Yang dilarang ini kan cangkrukan sekian banyak orang. Sebab penyebaran covid-19 ini karena tidak menjaga jarak,” pungkasnya.

Lalu terkait acara hajatan pernikahan, Pemkab Gresik membatasi jumlah maksimal 30 orang. “Pernikahan itu kan ada akad nikah. Itu cukup dihadiri penganti, wali, dan saksi. Lah respepsinya kalau bisa ditunda,” imbuhnya. (*)

Reporter : Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan