Viral, Video Pembuangan Tebu, Diduga Terjadi di Wilayah PTPN XII Kalitelepak

63

BANYUWANGI – Video pembuangan tebu milik PTPN XII wilayah Glenmore viral di group whatsap. Peristiwa tersebut sontak membuat perhatian warga Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam video tersebut ada dua orang yang menurunkan batang tebu di kebun dari atas truk fuso. Diduga tempat tersebut dikawasan kebun PTPN XII Kalitelepak, Banyuwangi.

“Kalau dilihat lokasinya itu wilayah kebun Kalitelepak mas,” ujar SM warga Glenmore, kepada awak media. Kamis, (28/7/2022).

Kepada wartawan SM mengaku jika dirinya mendengar kabar jika beberapa hari yang lalu, ada tebu yang tidak dimuat diwilayah Kaliringin, PTPN XII Kalikempit. Dan kabarnya juga tebu – tebu itu dibuang di wilayah Kalitelepak menggunakan truk.

Baca Juga  Dinilai Aman, Polisi Turunkan Jumlah Personil Pengamanan Sidang MSAT

“Kapan hari katanya ada tebu yang tidak dimuat, dan di buang ke kawasan Kalitelepak. Ya mungkin itu mas,” ungkap SM.

Diberitakan sebelumnya, Tebu milik PTPN XII diwilayah petak 04 Kaliringin, Kebun PTPN XII Kalikempit, Kecamatan Glenmore, diduga tidak diangkat atau dimuat. Akibatnya tebu tersebut mengering. Hingga saat ini apa sebab tebu milik perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum diketahui secara pasti.

Loading...

Tarmuji, salah satu warga Glenmore, Banyuwangi mengatakan akibat tebu tersebut tidak dimuat para buruh penebang tebu merugi karena tidak dibayar.

“Karena tidak diangkat, yang jelas para penebang tebu kan tidak terbayarkan, kan kasihan mereka,” ucap pria asal Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, kepada wartawan. Rabu, (27/7/2022).

Baca Juga  Rektor UTM Berikan Penghargaan pada Prodi, Dosen, Tendik dan Mahasiswa Berprestasi

Menurut Tarmuji, tebu banyak kering di kebun karena tidak dimuat hingga 2 Minggu. Mirisnya lagi tebu kering tersebut di buang di lokasi kebun PTPN XII Kalitelepak. Dan imbas dari kejadian tersebut, disinyalir para penebang tidak di bayar dan akibatnya mereka menjadi rugi.

“Kasihan mereka para buruh,” pungkasnya.

Namun sayang soal tebu tersebut Hastudy Winarko, Manager tebu PTPN XII Kalitelepak enggak berkomentar. Saat dikonfirmasi melalui sambungan whatsapnya ia mengaku masih ada tamu.

“Maaf saya masih menemani tamu, nanti saya hubungi lagi,”katanya melalui sambungan whatsapnya. Rabu, (27/7/2022) siang. (*)

Loading...
Artikulli paraprakBupati Anna Sambut Sandiaga Uno dengan Kuliner Khas Bojonegoro
Artikulli tjetërAksi ke Empat Korban Cewek, Jambret ini Dibekuk

Tinggalkan Balasan