Usai Belanja Ratusan Juta, Pria Kupang Krajan Surabaya Dibekuk Polisi

8951
Pelaku yang diamankan Polisi Surabaya

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Pria bernama, Asep Nurdiana alias Asep, tinggal di Jalan Kupang Krajan III, Surabaya, dibekuk oleh Polisi lantaran melakukan aksi tipu-tipu atau penipuan.

Modusnya, Asep ini menggunakan struk transfer palsu dengan dalih pembayaran kebutuhan pokok sehari-hari.

Korbannya, Agus, warga Ruko Pondok Maritim Indah VIII A, Balas Klumprik, Surabaya. Kepada korban, Asep membeli barang berupa, minyak goreng, mie instan, dan santan kemasan.

Bahkan tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai Rp 154 juta. Korban yang mengetahui struk tersebut palsu kemudian melaporkan ke Unit Harda Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Unit Harda yang menerima laporan, kemudian melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap tersangkanya.

Kanit Harda AKP Giadi Nugraha mengatakan, Penipuan ini awalnya, ketika korban yang memiliki gudang sembako di Ruko Pondok Maritim Indah VIII-A didatangi oleh pelaku ini.

Loading...

Kepada korban, pelaku mengaku membutuhkan minyak goreng, mie instan, hingga dan santan kemasan merek sun kara. Tersangka memasang dan meminta barang tersebut dikirim.

“Kepada korban, pelaku ini tidak membayar saat itu juga, tapi berjanji akan mentransfer uang melalui bank jika barang sudah dikirim,” sebut Giadi, Kamis (19/11/2020).

Setelah itu, korban bersama karyawannya mulai mempersiapkan pesanan tersangka senilai Rp 154 juta ini. Tersangka yang meninggalkan nomor ponselnya lalu mengirim foto struk transfer bank ke rekening korban.

“Pada saat ditangkap, beberapa barang sudah habis dijual oleh pelaku,” tambah Giadi.

Dalam penyidikan ternyata struk tersebut hasil editan di HP milik pelaku. Tersangka tidak pernah melakukan transfer uang ratusan.juta itu ke korban.

Selain Asep, Polisi juga menyita ponsel serta nota pembelian dan beberapa barang yang masih ada padanya. Kini pelakunya sudah mendekam dalam penjara di Polrestabes Surabaya.(*)

Reporter : Eko

Loading...

Tinggalkan Balasan