BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – 
GenBI Jember sebagai salah satu komunitas mahasiswa yang ikut menebarkan energi mengadakan webinar dengan tema ”Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi” pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021

Sebagai pemateri, yakni M Yanuarto B Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi) dan Riza Firmansyah, Tenaga Ahli Kementerian pariwisata RI (kemenparekraf) dosen Fakultas Pariwisata di Universitas Pancasila Jakarta).

Kehadiran kedua pemateri ini menarik perhatian para peserta untuk menambah pengetahuan tentang kepariwisataan.

Tujuan diadakannya webinar ini diharapkan dapat menjadi strategi yang dapat di terapkan, seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum GenBI Jember yakni Amalia Masruroh kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi di sektor pariwisata kepada anggota GenBI Jember serta masyarakat luas, memperkenalkan lebih luas wisata di wilayah setapal kuda, dan juga upaya pengembangan potensi wisata untuk menumbuhkan perekonomian.

Webinar yang dihadiri oleh 150 peserta ini berlangsung dengan lancar. Peserta webinar mendapatkan pengetahuan baru tentang strategi untuk mengembangkan potensi pariwisata.

Baca Juga  Rutan Medaeng Akan Diperluas, Anggarannya Capai Rp. 39 Milliar

Salah satunya adalah strategi yang diterapkan oleh Kabupaten Banyuwangi untuk memulihkan perekonomian dengan mengadakan beberapa program yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha.

Loading...

Pengembangan fasilitas di sektor wisata dilaksanakan melalui beberapa program, yaitu dengan menambah sarana dan prasarana protokol kesehatan untuk pemulihan sektor pariwisata, program wisata ramah untuk menyiapkan destinasi yang ramah bagi wisatawan penyandang disabilitas, kemudian mengembangkan wisata desa dengan memanfaatkan potensi di desa seperti perkebunan kopi, peternakan, staycation outdoor, camping ground, camper van untuk mendukung konsep nomadic tourism, memanfaatkan aplikasi one step service bagi wisatawan untuk mendapatkan infromasi pariwista di Kabupaten Banyuwangi seperti yang sampaikan oleh M Yanuarto Bramuda selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Riza Firmansya juga menyampaikan bahwa pariwisata di Indonesia ini sebagai penyumbang perekonomian paling besar di Indonesia dan terdampak transmisi pandemi sekitar 15 milyar terhadap perekonomian di Indonesia. Bapak Riza mengatakan

“Jika kita membicarakan pariwisata terdapat dua aspek yakni supply dan demand dari wisata tersebut, salah satu bentuk komunikasi antara supply dan demand dapat berupa panduan wisata,” ujarnya.

Baca Juga  700 Komunitas di 74 Kota di Indonesia Timur Serentak Gelar Setetes Darah untuk Negeri

Kata kunci pariwisata di new era ada 3 hal yaitu menciptakan pengalaman berkunjung untuk meraik kembali dan memberikan kesan saat berkunjung, menciptakan pengalaman ini dapat dengan menonjolkan asset dari wisata tersebut. Keterlibatan wisatawan dengan kegiatan interaktif, kemudian health protocol untuk menjamin wisatawan dan pengelola tempat wisata seperti tes swab, bukti kartu vaksin, kuota kunjungan dan yang lainnya.

Aspek selanjutnya adalah sustainability atau keberlanjutan dari destinasi tersebut agar tidak mengibarkan bendera putih di masa pademi adalah kreativitas dan dukungan pemerintah.

Webinar yang diadakan GenBI Jember ini dihadiri oleh anggota GenBi Jember dan dihadiri juga oleh masyarakat umum yang berasal dari berbagai kalangan dan instansi, mulai dari tokoh pejabat dan mahasiswa berbagai daerah. GenBI Jember turut mengundang Kelompok Sadar Wisata Desa Sumbersalak Jember. (*)

 

Loading...
Berita sebelumyaPDIP Jember Dukung Percepatan Pembahasan RPJMD
Berita berikutnyaBegini Gerak Cepat Polisi di Malang

Tinggalkan Balasan