Tuban, Satu Desa Satu Bank Sampah

80

TUBAN(kabarjawatimur.com),-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban menggelar Sarasehan tentang Pengelolaan Bank Sampah di Gedung KSPKP Tuban, Selasa (14/02).

Kegiatan ini dihelat sebagai langkah memberikan edukasi dan komunikasi kepada masyarakat di bidang lingkungan.

Sedikitnya 51 kelompok pengelola bank sampah yang ada di kelurahan sekitar Tuban Kota dan desa-desa perwakilan kecamatan menjadi peserta dalam sarasehan tersebut.

Purnomosidi Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban menyampaikan, kegiatan sarasehan ini merupakan tindak lanjut program Dinas Lingkungan Hidup yang berkeinginan mewujudkan 1 desa, 1 bank sampah.

‘Nanti akan ada pelatihan, pendampingan, hingga produk jadi yang meliputi pupuk kompos dan pupuk organik cair,” beber Purnomosidi.

Baca Juga  Pria Asal Camplong Ditangkap Polisi di Surabaya

Dia menambahkan, selama ini masyarakat sering menganggap kurang penting terhadap pengelolaan sampah. Padahal, lanjutnya, sampah jika dikelola dengan baik akan bisa menjadi nilai tambah bagi kelompok atau masyarakat yang bisa memfungsikan dengan baik bank sampah.

Loading...

“Tak sedikit, bank sampah yang ada di Kabupaten Tuban mampu menunjukkan prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur melalui Kampung Idaman Berseri (KIB),’ terangnya.

Amin Purnawan Lurah Perbon yang turut hadir sebagai peserta undangan mengakui pentingya bank sampah. Menurutnya, Kelurahan Perbon dalam pengelolaan bank sampah hingga kini sudah memiliki dana kas sebesar Rp 18 juta.

“Ini berkat manajemen dan pengelolaan yang baik oleh masyarakat yang peduli lingkungan,’’ tuturnya.

Baca Juga  Michael Edy Hariyanto : Investor Harus Didukung

Amin berharap, kegiatan sarasehan ini bisa benar-benar diimplementasikan di masing-masing kelurahan atau desa, agar kader bank sampah bisa sadar dan paham manfaat sampah, bukan hanya dibuang tapi bisa dikelola.

Pria yang sudah menjabat Lurah selama 4 tahun ini merasa bangga. Sebab mampu mengantarkan Kelurahan Perbon mewakili Kabupaten Tuban pada 2014 dan 2015 saat mengikuti Lomba Kampung Idaman Berseri (KIB) tingkat Jawa Timur.

Reporter : Agus
Editor : Budi
Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakBPBD Akan Berikan Bantuan Sembako Untuk Korban Banjir Bandang
Artikulli tjetërKontruksi Kurang Kuat, SD Di Ngawi Ambruk

Tinggalkan Balasan