JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Guna meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dalam rangka pengawasan keberadaan dan kegiatan warga negara asing diwilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Jakarta Utara melakukan inventarisasi kendala dan permasalahan di bidang pengawasan sebagai bagian dari deteksi dini dan pencegahan dari potensi pelanggaran kegiatan dan keberadaan warga negara asing.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara Sandi Andaryadi memberikan sambutan dalam rakor timpora.

Kegiatan rakor yang digelar di Swissotel Jakarta PIK Avenue tersebut untuk mengimplementasikan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Termasuk menyosialisasikan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru. Hadir sebagai narasumber Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta, Saffar Muhammad Godam dan Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara.

Baca Juga  Dirjen HAM Tepis Peduli HAM Beban Pekerjaan Tambahan
Loading...

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Sandi Andaryadi mengatakan, dasar hukum kegiatan tersebut selain itu adalah Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigasian, Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 50 Tahun 2016 tentang Pengawasan Orang Asing, dan Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Nomor W10.IMI.IMI.7.GR.03.02-0009 Tahun 2021 Tentang Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing.

“Tentunya kita akan meningkatkan supervisi terhadap orang asing yang keluar masuk wilayah Indonesia, khususnya yang berada dan berkegiatan di wilayah Jakarta Utara yang berkaitan dengan masa pandemi serta dalam rangka membantu upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” tegas Sandi .

Baca Juga  Taruna Satlat KJK 2021 Lanjutkan Pelayaran Etape-6 Menuju Nunukan

Lanjutnya, dalam rapat tersebut dillaksanakan dengan metode paparan dari narasumber yang kemudiasn dilanjutkan dengan diskusi serta sharing dan tukar menukar informasi mengenai kegiatan dan keberadaan warga negara asing di wilayah Jakarta Utara.

“Termasuk beberapa hal mengenai perkembangan situasi dan kondisi terbaru terkait pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan keberadaan WNA di wilayah Jakarta Utara dibicarakan dalam rakor tersebut,” pungkas mantan Kabid Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. (*)

Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaKapolri Minta Pertahankan Kepercayaan dan Kepuasan Publik di Rakernis 4 Divisi
Berita berikutnyaSilaturahmi Kebangsaan, PKS Siap Kerjasama Dengan Polda Jatim Perangi Radikalisme dan Penanganan Covid-19

Tinggalkan Balasan