Tawarkan CPNS Instans, Satu Pria Diamankan Polisi di Surabaya

321
Pelaku penipuan CPNS

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Aksi tipu-tipu dengan mengaku dapat memuluskan jalan masuk Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) masih saja terjadi di Kota Surabaya.

Dengan iming-iming dapat memasukkan seseorang menjadi Pegawai Negri, pelaku meminta sejumlah uang kepada calon PNS yang berminat itu.

Salah satu korbannya adalah, Septian Adi warga Perum Oka Indah Menganti, Gresik. Kejadian pada, 27 Nopember 2017 lalu itupun akhirnya dilaporkan ke Polsek Sawahan.

Tim Anti Bandit Reskrim Sektor Sawahan, Polrestabes Surabaya langsung merespon laporan korban dan melakukan penyelidikan guna mengetahui identitas pelakunya.

Polisi akhirnya memancing pelaku tipu-tipu itu untuk datang ke warung Santai Jalan Raya Dukuh Kupang Surabaya, tepatnya sebelah kantor Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan Surabaya.

Baca Juga  Pengambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Surabaya Positif Tertular

Hingga akhirnya dapat dibekuk satu pria terduga pelaku yakni, Sugiarto (46) warga Perum Oma Menganti, Gresik.

Loading...

“Menawari CPNS kepada korban dengan membayar uang pelicin kepada pelaku dan dijanjikan akan mendapat pekerjaan tersebut dengan mudah,” sebut Iptu Risty Tanto, Kanit Reskrim Polsek Sawahan, Minggu (28/6/2020).

Pelaku sendiri dapat dibekuk, setelah ada laporan pada, Selasa 16 Juni sekira jam 16.00 WIB, berdasarkan laporan polisi atas nama korban itu, Tim Anti Bandit Reskrim Polsek Sawahan melakukan lidik di tempat tinggal pelaku, dan melakukan pemantauan.

Ketika pelaku terlihat masuk kedalam rumahnya, langsung ditangkap oleh Tim Anti Bandit Reskrim Polsek Sawahan yang kemudian diamankan dan dibawa ke Nako Polsek untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga  Nenek Halimah Akan Eksekusi Tanah HGB Lokasi Bangunan Belakang Vionata Genteng Banyuwangi

Disamping pelakunya, Polisi juga mengamankan barang bukti berupa, 5 lembar bukti kuitansi pembayaran untuk masuk kerja CPNS dengan total Rp. 55,5 juta. (*)

Reporter : Eko

Loading...

Tinggalkan Balasan