kemenkumhamjatim
Petugas pendaftaran CPNS sedang memeriksa berkas salah satu pelamar.

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Pelamar CPNS Kemenkumham yang tak lolos seleksi administarasi, bisa mengajukan sanggahan. Pengajuan keberatan untuk dokumen tidak memenuhi syarat (TMS) tersebut bisa mengajukan keberatan atau sanggahan pada 4-6 Agustus 2021.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham Sutrisno mengatakan, ada sejumlah alasan mengapa seorang pelamar dapat dinyatakan TMS. Diantaranya terkait dengan surat lamaran, akta kelahiran, e-KTP, surat pernyataan, dokumen akreditasi, dan ijazah yang tidak memenuhi kriteria. Selain itu, banyak juga persoalan transkrip nilai, surat tanda registrasi (STR) tenaga kesehatan, pas foto, surat keterangan sehat hingga manipulasi dokumen.

Meski begitu, Sutrisno tidak menampik jika ada kemungkinan adanya kesalahan yang dilakukan verifikator.

Loading...
Baca Juga  Kades Sumberagung Banyuwangi Ungkap 2 Nama Terduga Provokator Aksi Tolak Program Air Bersih Rowo Rejo dan Pancer

“Jika ada pelamar yang merasa sudah melengkapi berkas dengan baik, tapi tidak diluluskan, bisa mengajukan sanggahan,” ujarnya.

Sanggahan itu, lanjut Sutrisno, bisa disampaikan saat masa sanggah melalui aplikasi SSCASN. Sutrisno menegaskan bahwa kesempatan yang diberikan kepada pelamar untuk mengajukan keberatan terhadap hasil verifikasi adalah yang disebabkan bukan karena kesalahan pelamar. Namun murni adanya kesalahan dari verifikator instansi.

“Sanggahan sendiri dimaksudkan bukan untuk memperbaiki, mengubah, ataupun menambah informasi terhadap dokumen yang sudah di unggah,” tegasnya.

Sekadar diketahui, total sebanyak 316.554 pelamar CPNS Kemenkumham 2021 dinyatakan lulus tahapan seleksi administrasi. Jumlah itu lebih dari separuh total pelamar Kemenkumham yaitu sebanyak 627.113 orang. (*)

Baca Juga  Wanita Cantik ini Gasak Uang Majikan Puluhan Juta Rupiah

Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaDuh! Toyota Agya ‘Nabrak’ Rumah
Berita berikutnyaKepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Lampung Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76

Tinggalkan Balasan