Situs KPU Jember Diretas Pelajar SMP, Dua Pelaku Diamankan Polda Jatim

226
Kabid Humas dan Dirkrimsus Polda Jatim berikut pelakunya

SURABAYA ,(Kabarjawatimur.com) – Berdasarkan Laporan B/539/XRes.2.5/2020/RESKRIM/SPKT Polres Jember tanggal 7 Oktober 2020, Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan penangkapan tindak pidana informasi dan transaksi elektronik dengan pelaku dua orang yang masih berusia belasan tahun.

Dua pemuda belasan tahun itu berinisial, DA (23) warga Jalan Tanjung Raya, Kelurahan Tanjung Raya, Kecamatan Wonokromo, Kabpaten OKU Timur, Sumatera Selatan dan ZFR (14) Pelajar SMP asal Anyar Kabupaten Serang, Banten.

Dalam pengakuanya, pelaku meretas situs KPU dengan cara mengubah tampilan halaman depan situs KPU Jember dengan gambar dan tulisan yang menghina lembaga negara.

Pelaku melakukan ilegal accsess hanya untuk menguji kemampuan membobol situs agar mendapat pengakuan dari teman-temannya di dalam grup Palembang Cyber.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu didampingi Dirkrimsus Polda Kombes Pol Gidion Arief Setiawan mengatakan, pada sekitar tanggal 06 Oktober 2020 Pukul 20.00 WIB, mendapatkan informasi bahwasanya website KPU Jember htps:/Ikab-jember.kPu.go.id telah direlas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga  Hari Sumpah Pemuda, Rumah Dinas Wakil Bupati Tulungagung Disegel

Saat website pertama dibuka muncul gambar kurang menyenangkan seakan menyinggung DPR, dan setelah itu pelapor menghubungi staf untuk dilakukan perbaikan.

Loading...

Setelah dilakukan pengecekan kembali ke website resmi KPU Jember https://kab-jember.kpu.go.id akan tetapi website tersebut eror hingga kembali staf melakukan perbaikan sehingga website dapat diakses kembali.

“Pada tanggal 07 Oktober 2020 Pelapor mendapat informasi bahwa website resmi KPU Jember tidak dapat diakses lagi hingga akhirnya dibuat laporan polisi,” sebut Trunoyudo, Selasa (13/10/2020).

Dua pelaku berdomisili bukan di wilayah Jawa Timur tetapi warga negara Indonesia yang berada di salah satu provinsi Sumatera Selatan atau di tepatnya Kelurahan Tanjung Raya, Kecamatan Wonokromo Kabupaten Oku Timur, Sumatera.

Baca Juga  Ipuk Fiestiandani Bikin Program Bimbel Gratis Hingga RT/RW

Polda Jatim melakukan penangkapan terhadap dua orang dan satu orang dilakukan penanganan yang satu tidak dilakukan penahanan tapi proses selanjutnya yakni yang berstatus pelajar.

Barang bukti yang diamankan, dari DA, Satu buah Handphone Xiaomi Redmi5A warna silver, Satu buah Laptop ASUS warna Hitam, Ruter merk ZTE. Disita dari ZFR, Satu buah Handphone Redmi Note 5 warna putih.

Mereka akan dijerat dengan Pasal 32 ayat (1) dan atau Pasal 33 Jo Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 49 UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (*)

Reporter : Eko

Loading...

Tinggalkan Balasan