Siswa SMPN 1 Sidoarjo Ciptakan Sepeda Angin Tenaga Surya

265

SIDOARJO (kabarjawatimur.com)- Yudhistira Pratama Adjie, siswa SMPN 1 Sidoarjo kelas IX-G, berhasil menciptakan teknologi ramah lingkungan berupa sepeda angin tenaga surya.

Bahkan ciptaannya ini, sudah di uji cobakan di hadapan Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc.r, dalam acara Gotri ala Gotri Nogosari. GOwes sanTRI ala GOwes santri Nonton Gowes santri NKRI di Pasuruan beberapa waktu lalu.


Yudhistira saat demo karya sepeda tenaga suryanya. Dan tentu saja, apresiasi dari Jatim 2, mengalir kepada putra Rizkia Ananda,SE, M.Ak kasubag perencanaan dan keuangan Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo ini.

Loading...

Dilihat dari presentasenya dengan judul
PENGARUH SUHU DAN ARAH RADIASI MATAHARI TERHADAP DAYA YANG DIHASILKAN OLEH PANEL SURYA UNTUK DIGUNAKAN PADA SEPEDA LISTRIK, Yudhistira menyatakan tujuan dari penelitian dan karya sepeda tenaga suryanya itu, untuk mengetahui posisi sinar matahari terbaik, dalam menghasilkan daya ke panel surya (Photovoltaic) untuk digunakan pada sepeda listrik.

Baca Juga  Kapolsek Baru Harapkan Kekompakan Layani Masyarakat Kedungadem

“Juga untuk mengetahui suhu sinar matahari yang ideal (pagi, siang dan sore hari) dalam menghasilkan daya ke panel surya (Photovoltaic) untuk digunakan pada sepeda listrik,” jelasnya.

Sedangkan manfaat dari hasil Penelitiannya itu, Yudhistira menyebutkan bisa mengetahui posisi terbaik dan suhu yang ideal, dalam menghasilkan daya ke panel surya.

“Panel surya merupakan alat utama yang memiliki peran sangat penting dalam pembangkit listrik tenaga surya. Panel surya berfungsi untuk mengubah energi surya (matahari) menjadi energi listrik,” ujarnya lagi.

Dalam paparannya, Yudhistira menyebutkan, cara kerja dari sepeda tenaga surya ini, ada dalam sebuah panel surya, yang terdapat rangkaian sel surya yang dihubungkan secara seri atau parallel.

Baca Juga  Wisata Edukasi Kalitengah, Ciptakan Interpreneur Lamongan

Sel surya ini yang akan menerima cahaya matahari dan merubahnya menjadi sumber energi listrik .

“Cara kerja panel surya yaitu mengkonversi lansung cahaya menjadi listrik pada tingkat atom yang mana beberapa bahan menunjukkan sifat yang dikenal sebagai efek fotolistrik yang menyebabkannya menyerap foton cahaya dan melepaskan elektron,” tegasnya.

Selanjutnya, ketika elektron bebas ini ditangkap, hasil arus listrik yang dapat digunakan sebagai listrik.

“Dalam kondisi puncak atau posisi matahari tegak lurus, sinar matahari yang jatuh di permukaan panel surya seluas satu meter persegi, akan mampu mencapai 90 hingga 100 watt. Dan tenaga ini yang mendorong sepeda bisa bergerak dengan cepat,” tutupnya.

Reporter: Slamet A.

Editor: Rizky

Loading...
Artikulli paraprakTembus Angka 771 Kasus Covid-19, Banyuwangi Karantina Massal di Ponpes Mulai Dijalankan
Artikulli tjetërPembentukan Pansus 7 Raperda Dinilai Salahi Aturan

Tinggalkan Balasan