Siswa Kelas XII Tata Boga SMK YPM 2 Taman Gelar Wedding Party

3

SIDOARJO (Kabarjawatimur.com) Dalam mengimplementasikan pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan sesuai dengan kurikulum 2013, siswa kelas XII jurusan tata boga SMK YPM 2 Taman bertindak sebagai event organizer. Mereka melangsungkan tiga kegiatan yang berbeda selama tiga hari. Sejak Senin (21/11/2022) hingga Rabu (23/11/2022).

Kepala SMK YPM 2 Taman Drs Nurmusolin, M.Si mengatakan, sebagai tugas akhir, para siswa bertindak sebagai pelaksana kegiatan. Pada hari pertama, konsepnya ada coffee break oleh Kelas XII tata boga 1. Hal itu berhubungan dengan pelajaran pastry. Kemudian hari kedua berkonsep lunch oleh kelas XII tata boga 2. Sedangkan hari ketiga adalah puncaknya, yakni wedding party oleh kelas XII tata boga 3.

Dalam kegiatan tersebut, siswa yang menghandle semuanya. Mulai dari menjual undangan, mengatur modal, berbelanja kebutuhan, memasak, hingga menghidangkan. Total ada 200 undangan per hari yang terjual. Terdiri dari siswa SMP di sekitar sekolah, guru, hingga wali murid.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Harapkan Pramuka Kreatif dan Inovatif

Menurut dia, dalam kegiatan itu, siswa bisa mempelajari banyak hal. Seperti manajemen waktu, kedisiplinan, termasuk belajar menghitung laba dan ruginya. Pihak sekolah yang memberikan modal. Namun para siswa sendiri yang mengatur harga undangan dan disesuaikan dengan menu makanan. “Mereka sendiri yang menentukan berapa besar labanya,” katanya.

Loading...

Nurmusolin mengaku antusiasme dari undangan cukup tinggi. Para undangan mengaku kagum dengan hasil masakan para siswa. Mulai dari tampilan hingga rasanya.
Melihat kesuksesan kegiatan yang digelar oleh para siswa tersebut, Nurmusolin memiliki harapan yang tinggi kepada para siswanya. Dengan kemampuan yang sudah dimiliki, mereka diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

“Sehingga mendukung pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran,” imbuhnya.

Waka Kurikulum SMK YPM 2 Taman Emi Susilowati menyebutkan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu juga didukung oleh jurusan lain. Seperti tata busana dan APH. Ada fashion show yang ditampilkan oleh jurusan tata busana. “Bajunya hasil kreasi para siswa juga,” ujarnya.

Baca Juga  Edan!, Pedagang di Jember Pakai Karbit untuk Minuman Dawet

Selain itu, jurusan APH juga menampilkan kebolehan mereka dalam towel art atau seni melipat handuk hotel. Tampilan-tampilan tersebut yang menghibur para tamu undangan selama acara berlangsung.

Emi juga berharap setelah lulus dan terjun ke masyarakat bisa mengamalkan apa yang didapat. “Baik wirausaha, kuliah, maupun bekerja,” katanya.

Ketua Pelaksana Wedding Party Wisnu Seto mengaku lega event dapat berjalan lancar. Para siswa yang terlibat pun juga mendapatkan banyak pelajaran serta pengalaman. Dan kegiatan seperti ini jangan sampai berhenti di sini ucap pengawas dan pembina SMK Abdul kholis. M.Pd.

“Semoga ke depan bisa lebih baik dan konsepnya lebih matang,” pungkasnya. (Mas)

Loading...
Artikulli paraprakHello world

Tinggalkan Balasan