SIM Murah Lewat Calo Hati Hati, Satu Pelaku Diamankan Polisi

102

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Menjajikan Surat Ijin Mengemudi (SIM), tanpa harus melalui tes maupun teori, Pria Surabaya diamankan oleh Unit Resmob Polrestabes Surabaya. Pria yang diamankan tersebut bernama, Roby Priayanto Singgih (33) warga Jalan Banyu Urip Lor Gg. 5 Surabaya.

Roby diamankan petugas setelah dilaporkan oleh korbannya. Para korban tersebut merasa tertipu, sebab kertas pengganti SIM sementara yang diberikan pelaku ini palsu.

Dalam menjalankan aksinya tipu-tipu calo SIM, pelaku ini menyebar jasa pembuatan itu melalui Facebook. Setiap korban yang juga dikenalnya dari mulut ke mulut tersebut pelaku mematok harga Rp. 500 ribu untuk satu SIM.

Setelah cocok, dirinya meminta data juga foto korban, lalu olehnya esoknya korban diberi kertas seolah-olah pengganti SIM sementara persis yang diberikan petugas Satpas SIM selama ini.

Baca Juga  Empat Desa di Kecamatan Soko Tuban Akan Ikuti Pilkades Serentak 2022

“Kertas itu saya seting di Google dan edit nama lalu saya kasihkan ke korban untuk ambil SIM asli di Colombo,” aku pelaku Roby.

Dalam laporan korban ke Polisi, ada sebanyak 8 orang yang mengurus SIM ke pelaku ini dan semuanya diberikan kertas pengganti SIM yang palsu.

Loading...

Dalam aksi tersebut, pelaku menerima keuntungan Rp. 500 ribu perorangnya dan uangnya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saya nejat janji bisa luluskan SIM karena tadinya saya punya teman calo disana, tapi akhirnya kehilangan jejak,” imbuh pelaku.

Sementara, Kanit Resmob Iptu Bima Sakti mengatakan, pelaku ini menjanji kan kepada korban bahwa dirinya bísa menguruskan SIM C dengan biaya Rp. 500 ribu. Untuk meyakinkan korban, pelaku menyerahkan selembaran surat bukti SIM sementara kepada setiap pengurus SIM.

Baca Juga  Geliat Kampoeng Thengul, Lestarikan Seni Khas Bojonegoro

“Namun ternyata selembaran surat bukti SIM sementara tersebut adalah palsu yang dibuat oleh pelaku dengan cara mencari formatnya di Google dan diprint di warnet,” sebut Bima Sakti, Jum’at (29/11/2019).

Dari pelaku, Polisi menyita barang bukti berupa, 1 (satu) unit Honda Vario Nopol L-2351-EO, 7 (tujuh) lembar tanda bukti SIM sementara, 5 (lima) flashdish, 5 (lima) lembar kartas BPJS diduga palsu.

Ditemukan pula, 1 (satu) lembar Kartu Keluarga, 1 (satu) buah dompet warna hitam, 1 (satu) buah tas warna hitam, 4 (empat) lembar STNK palsu dan 1 HP. (*)

Reporter : Eko

Loading...
Artikulli paraprakSoal Pencabulan Siswi Kelas 1 SD, Oknum Guru di Bangkalan Ditahan Polisi
Artikulli tjetërDriver ‘Gojek’ di Banyuwangi Tewas Terlindas Truck

Tinggalkan Balasan