Forkopimda Jatim.

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com)- Terkait Shalat Idul Adha, dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban tahun 1442 H/2021, Gubernur Jawa Timur mengeluarkan surat edaran (SE). Nomor: 451/ 14901/012.1/2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat covid-19.

Dalam surat edaran tersebut berlaku untuk tempat ibadat dan petunjuk pelaksanaan malam takbiran, shalat Idul Adha, dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban tahun 1442 H/2021 di Jawa Timur dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian baru.

Untuk Sementara Peribadatan di Tempat Ibadat, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M diwilayah PPKM Darurat.

Salah satu poinnya adalah, Peniadaan sementara Peribadatan ditempat Ibadah selama pemberlakuan PPKM Darurat, peribadatan di tempat ibadah itu seperti, masjid, mushalla, gereja, pura, wihara dan klenteng, serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadat yang dikelola masyarakat, pemerintah, maupun perusahaan.

Baca Juga  Wilayah Bebas dari Korupsi, Siap Diwujudkan Lapas Surabaya
Loading...

Untuk malam takbiran sendiri, salah satu poin menyatakan, malam Takbiran dan Shalat Hari Raya Idul Adha, Penyelenggaraan Malam Takbiran di masjid/mushala dapat dilakukan dengan audio visual dan tidak mengundang jama’ah.

Takbir keliling, baik dengan arak-arakan berjalan kaki, arak-arakan kendaraan atau dengan yang lainnya ditiadakan.

Pelaksanaan Shalat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di masjid/mushala yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah juga ditiadakan.

Sementara, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta mengajak serta menghimbau juga meminta kepada alim ulama untuk membantu sosialisai, dimana ada budaya Toron atau pulang kampung agar tidak dilakukan.

Baca Juga  Eksplorasi Migas Pertamina, DPRD Jatim Bakal Bantu Nelayan Bangkalan

Hal itu dikatakan Nico saat memamerkan hasil tangkapan Petugas gabungan, Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba atau Satgas Gakkum Polda Jawa Timur menyita puluhan jenis obat-obatan juga vitamin, Sabtu (10/7/2021), di Mapolda Jatim.

“Kita sampaikan kepada masyarakat untuk kali ini jangan melaksanakan budaya ini dulu. Sabar dulu, kali ini kita harus sabar untuk tetap tinggal di rumah. Ayo bersatu menghadapi Covid dengan menerapkan 5M,” tutup Kapolda.(*)

Reporter : Eko

Loading...
Berita sebelumyaKapolres Probolinggo Ajak Anggota dan Masyarakat Doa Bersama dari Rumah untuk Indonesia
Berita berikutnyaKomunitas Motor Honda PCX Banyuwangi Salurkan Sembako pada Warga Terdampak Covid-19

Tinggalkan Balasan