Serabi, Jajanan Tradisional Yang Perlu Dilestarikan

159

TUBAN (kabarjawatimur.com) – Serabi merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan kelapa, jajanan ini bisa kita jumpai hampir diseluruh kota di Indonesia, hanya penyajianya saja yang berbeda karena saat ini serabi sudah banyak dimodernisasi.

Di Kabupaten Tuban, para penjual serabi lebih memilih untuk mempertahankan keaslian jajanan tersebut, disajikan dengan parutan kelapa atau air santan kelapa.

” Disini original penyajianya, sehingga sampai detik ini peminatnya masih banyak bertahan ” ucap Ir. H. Maskur MM, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Timur.

Loading...

Menurutnya, jajanan tradisional tersebut perlu dilestarikan karena serabi merupakan salah satu keanekaragaman kuliner khas Indonesia.

Baca Juga  Polisi Tangkap Kawanan Pencuri Sepeda Motor di Bangkalan

Selain itu, masih menurut pria Yang juga sebagai Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Demokrat Nomor urut 1 Dapil Tuban – Bojonegoro ini, proses pembuatan serabi juga memiliki keunikan tersendiri, penjual harus menyiapkan kayu bakar dan wajan grabah untuk menanak tanpa minyak goreng.

” Ini perlu dilestarikan dan didorong maju tetapi jangan sampai menghilangkan keaslianya, jika mampu bertahan maka tidak mungkin nantinya menjadi sebuah kearifan lokal Kabupaten Tuban ” pungkas Ir. H. Maskur MM.

Reporter : Pradah
Editor : Rusmiyanto

Loading...
Artikulli paraprakPanik, ini yang Disimpan Dua Pemuda Dibalik Jok Sepeda Motor
Artikulli tjetërSejuta Pil Koplo Diamankan Polrestabes Surabaya, Sejuta Lainnya Telah Beredar

Tinggalkan Balasan