Sempat Terjebak Kebakaran, 6 Petugas TRC BPBD Berhasil Dievakuasi

7

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Sebanyak 6 orang petugas dari tim reaksi cepat (TRC) BPBD Jember berangkat ke lokasi titik api pada Minggu (20/10/2019) lalu untuk melakukan assesment lokasi kebakaran.

Namun saat menuju titik di kawasan Cikasur Argopuro Selasa (22/10/2019) kemarin tim tersebut terjebak di wilayah kebakaran sehingga beberapa personel mengalami dehidrasi karena panasnya terik matahari, dan panasnya kobaran api.

Sehingga tim tersebut sampai harus dijemput dan dievakuasi menuju ke pos pemantauan terakhir di kawasan Dusun Ketajek, Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, Jawa Timur.

“Kondisi di lapangan (terkait kebakaran) sangat parah, dimana target kami sampai puncak tertinggi (Cikasur), kami malah terjebak di kobaran api. Bahkan kemarin malam, kami sampai harus berkemah ditengah-tengah kobaran api,” kata Ketua Tim Rezha Pratama saat dikonfirmasi usai dievakuasi, Selasa malam (22/10/2019).

Loading...
Baca Juga  Syaifuddin Minta Skema Pembiayaan Perpres 80 Direvisi

Dalam kondisi tersebut, dari seluruh penjuru mata angin adalah kobaran api. “Sehingga dalam kondisi tersebut, menyebabkan 4 orang tim saya mengalami dehidrasi berat dan sesak nafas. Beruntung kami membawa kotak P3K berisi tabung oksigen, untuk membantu pernfasan,” ungkapnya.

Namun demikian, karena kondisi yang tidak memungkinkan melanjutkan perjalanan, tim memutuskan mundur dan harus dijemput karena kondisi dehidrasi berat yang dialami. “Kami komunikasi melalui frekuensi HT dengan mako, kemudian minta jemput. Untuk lokasi kebakaran luas, dan mengkhawatirkan karena masih ada bara api. Ditambah kondisi longsor dan mata air yang kering karena panasnya bara api,” jelasnya.

“Tapi karena kondisi tidak memungkinkan tim memilih mundur. Untuk luasan kebakaran ada 800 hektare lebih (dari pantauan langsung di lokasi kebakaran),” sambungnya. (*)

Baca Juga  Kapolsek Baru Harapkan Kekompakan Layani Masyarakat Kedungadem

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakSabu dan Pil Koplo Dibakar di Polda Jatim, Salah Satunya Milik Pria asal Jombang
Artikulli tjetërIbu Hajjah Diperdayai Pria asal Sidoarjo, Motor Raib Digadaikan

Tinggalkan Balasan