Sekolah Sepi Saat Pandemi, Pencuri Jarah Ratusan Buku Pelajaran di SDN 03 Tempurejo

24
Tersangka Makruf dan buku yang dicurinya dari sekolah.

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Dihentikannya kegiatan belajar mengaja tatap muka di sekolah akibat pandemi dimanfaatkan soerang pemuda berbuat kejahatan. Pemuda bernama Makruf memanfatkan situasi sekolah yang sepi untuk menjarah buku-buku yang ada di sekolah.

Pelaku melakukan aksinya mencuri buku pelajaran di SDN 03 di Tempurejo. Beruntung pelaku berhasil ditangkap warga.

Penangkapan tersangka berawal kecurigaan seorang warga setempat bernama Adi (35) yang melihat sepeda motor protolan dengan bajongan terparkir di pasar hewan, Kamis (04/03/21). Saat itu kondisi pasar hewan sedang sepi karena tidak ada aktivitas pedagang.

Adi kemudian berusaha mencari pemilik sepeda motor hingga ke halaman sekolah SDN 03 Tempurejo. Pasar dan sekolah lokasinya berdekatan.

Baca Juga  Bu Nyai dan Kiai Kampung Antusias Memberi Dukungan ke Ganjar

Saat di dalam halaman sekolah, Adi melihat seseorang keluar dari jendela belakang sekolah dengan cara memanjat tembok. Saksi kemudian memberitahukan kejadiaan yang dilihatnya dengan warga yang lain.

”Saya curiga koq ada motor parkir di pasar soalnya kan kemarin bukan hari pasaran,” kata Adi saat dikonfirmasi.

Loading...

Namun setelah warga kembali ke lokasi sekolah, pelaku sudah tidak ada. Warga hanya mendapati buku yang sudah berada di dalam 2 sak plastik.Warga kemudian mencari pelaku sekolah.

Benar saja pelaku ditemukan sedang bersembunyi dari warga, disalah satu sudut sekolah. Pelaku kemudian ditangkap warga. Bersama bukti buku curian, tersangka kemudian diserahkan ke Polsek Tempurejo.

Akibat kejadian tersebut SDN 03 Tempurejo mengalami kerugian sebesar Rp. 6.935.000,- (enam juta sembilan ratus tiga puluh lima ribu rupiah).

Baca Juga  Kolaborasi Apik Binda, Dinkes dan PC Muslimat NU Jember Gelar Vaksinasi Berhadiah Migor

Barang bukti yang berhasil di amankan, 1 unit sepeda motor tanpa plat nomor dan 193 buah buku paket untuk pelajar SD.

Atas perbuatannya saat ini pelaku pelaku harus mendekam dalam sel Polsek Tempurejo untuk menjalani proses hukum.

“Sesuai dengan Pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHP Sub. Pasal 362 KUHP. Maka Polsek Tempurejo mengamankan seorang pelaku pencurian buku yaitu tersangka yang bernama Makruf, alamat jenggawah, beserta barang bukti dan proses pemeriksaan”, jelas Polsek Tempurejo AKP M Zuhri.

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprak10 Satker Canangkan Integritas WBK dan WBBM, Wakapolda: Saya Bangga dan Beri Apresiasi Kepada Kasatker dan Anggota Jajaran Polda Jatim
Artikulli tjetërLihat Sampah Berserakan, Bupati Gresik ‘Ngamuk’ ke Pengelola Pasar

Tinggalkan Balasan