Kementerian ATR/BPN
Kantor Pertanahan Surabaya 1 menerapkan physical distancing pada tempat duduk di ruang pelayanan bagi pemohon.

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan langkah Kantor Pertanahan Surabaya 1 untuk tetap memberikan pelayanan terbaik. Terhitung sejak 15 Juni 2020, Kantor Pertanahan Surabaya 1 di Kawasan Citraland Sambikerep ini tidak melayani tatap muka. Segala bentuk yang berurusan dengan pertanahan dilakukan secara elektronik dalam bentuk soft copy dan bisa dikirimkan melalui alamat email https://utamasby1.id/. Kantor Pertanahan Surabaya1 menyediakan dengan pelayanan UTAMA (Urus Sertifikat Tanah dari Rumah), layanan berbasis web yang bisa diakses juga melalui android.

Kementerian ATR/BPN
Muslim Faizi, Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1

“Sejak aplikasi UTAMA di-launching pada 11 Mei lalu, sekitar 2.435 permohonan yang masuk melalui aplikasi ini. Dari jumlah itu, 1.662 berkas sudah terverifikasi. Jika di rata-rata, sehari kita melayani sekitar 35 sampai 50 berkas,” ujar Muslim Faizi, Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1, Kamis (23/07/2020).

Loading...

Dari jumlah itu, lanjut Muslim, ada 1.192 berkas secara fisik asli untuk diproses sudah diserahkan pada petugas. Sedangkan sekitar 1.098 berkas asli belum diserahkan utk diverifikasi karena berbagai hal, antara lain bisa jadi karena tidak mengerti bahwa sesudah dilengkapi jika ada yang kurang, pemohon harus segera memenuhinya. Atau pastikan sesudah semua lengkap, baru diunggah. Ini mohon kerja samanya, agar semua masyarakat merasakan kenyamanan dari layanan tersebut.

Baca Juga  Polisi Juga Sita Bong, Test Urine Pria ini Positif

“Pada sistem kami sudah di oke, untuk dilanjutkan pada tahapan penyerahan berkas. Tapi kenyataannya masih banyak pemohon yang belum merespon, dan segera menyerahkan berkas agar diproses,” sambung mantan Kepala Kantor BPN di Kota Probolinggo dan Banyuwangi yang mengaku instansi yang dipimpinnya sedang menuju WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani) setelah meraih predikat WBK (wilayah bebas dari korupsi).

Untuk itu, ia sangat berharap masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik mungkin lantaran memiliki banyak keunggulan. Selain efisiensi waktu, juga efisiensi dari sisi pengeluaran.

“Inovasi ini sangat bagus, pemohon tidak perlu bolak-balik BPN Surabaya1. Transport juga bisa diminimalisir. Untuk itu, kami mengharap pada masyarakat yang menggunakan aplikasi UTAMA agar bekerja sama untuk melengkapi kekurangan berkas yang disarankan petugas, dan segera tentukan waktu menyerahkan berkas. Karena kita sudah memberi kemudahan,” imbau Muslim.

Baca Juga  Bupati Luncurkan Trust In Bawean, Layanan Full Servis Adminduk Tanpa Berlayar

Tentunya, jika pemohon terpaksa harus dilayani dengan bertatap muka bersama petugas, Kantah Surabaya 1 tetap menjalankan  protokoler kesehatan.

“Ketika sangat mendesak harus bertatap muka. Misal ada komplain dan sebagainya, kita layani. Tetapi, harus ada janji terlebih dahulu, dan dalam aplikasi UTAMA sudah ada fitur untuk yang bersangkutan kapan serahkan berkas asli. Di samping itu juga jika masyarakat ada keluhan bisa disampaikan melalui call center Surabaya 1 di nomor  031.7401467 dan WA 08213 200 200,” pungkas Muslim Faizi.  (*)

Reporter: Boy
Editor : Okin Dzulhilmy

Loading...
Berita sebelumyaAnggaran Minim, KONI Bangkalan Wadul DPRD
Berita berikutnyaBejat! Pemuda di Bondowoso Ajak Temannya Perkosa Pacar Hingga Hamil 5 Bulan

Tinggalkan Balasan