SDM 4 Pucang Juara II Whole School Tingkat Nasional

89
Kepala sekolah SD Muhammadiyah Pucang 4 Surabaya, Edy Susanto M.Pd

SURABAYA (kabarjawatimur.com)- Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) 4 Pucang, Surabaya, berhasil meraih juara II dalam Lomba Budaya Mutu tingkat Nasional mewakili Kota Surabaya tahun 2016 yang diselenggarakan pada 11 – 15 Oktober 2016 di Balikpapan dalam kategori Whole School SD Swasta.

Dipilihnya SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, adalah berkat konsistensi pihak sekolah untuk benar-benar memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi semua siswanya.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah Pucang 4 Surabaya, Edy Susanto M.Pd mengaku bersyukur atas raihan penghargaan tersebut.
“Kami besyukur atas anugrah yang telah diberikan terkait penghargaan dalam lomba budaya mutu tingka nasional oleh kemendikbud,” kata Edy kepada kabarjawatimur.com, Senin (17/10/2016) .

Lomba Budaya Mutu sendiri yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tujuan lomba tersebut adalah melihat sekolah model terbaik Sekolah Berbudaya Mutu yang difokuskan pada penilaian mutu pendidikan secara keseluruhan (Whole School).

Loading...
Baca Juga  Bupati Bojonegoro Berikan Arahan Bimtek Pengelolaan Dana BOS

Kategori penilaian terdiri dari empat pilar, yaitu, budaya mutu pembelajaran, budaya mutu ekstrakurikuler kesenian, budaya mutu manajemen berbasis sekolah serta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, budaya mutu pengelolaan perpustakaan sekolah.
Budaya mutu sekolah merupakan faktor yang penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap penuh optimisme, berani, terampil, berperilaku kooperatif, individu yang ulet, disiplin, beretos kerja yang tinggi, pandai menangkap peluang.

Hal itu terlihat dari berbagai macam prestasi baik di tongkat regional, nasional maupun internasional yang diraih oleh SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Selain itu, pihak SD muhammadiyah 4 juga melakukan optimalisasi berbagai komponen, mulai dari SDM guru yang ada, sampai pada tingkat kebersihan dan keamanan sekolah.

Baca Juga  3,5 Ton Beras dari Polrestabes Surabaya untuk Korban Gempa Cianjur

Disinggung terkait tantangan kedepan, Edy Susanto menjelaskan jika pihaknya akan selalu melakukan perbaikan-perbaikan di berbagai sektor, mengingat pentingnya substansi dari penerapan program budaya mutu yang selama ini diterapkan di sekolan muhammadiyah 4 pucang Surabaya.

“Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti perolehan nilai, perilaku siswa, proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler, kondisi fisik sekolah, kinerja perpustakaan, lingkungan sekolah, budaya sekolah, dan manajemen sekolahnya, yang berpengaruh terhadap kinerja individu dan mutu sekolah itu sendiri”, tutup Edy.

Penulis : Ekoyono, Editor : Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakPesta Miras Bikin Resah, Tujuh Pemuda Diamankan
Artikulli tjetërHabitat III Quito, Walikota Surabaya Serukan Gender

Tinggalkan Balasan