Foto: Petugas dan warga saat berusaha membantu memadamkan api

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Sebuah ruko di pasar Semboro Jember, Jumat pagi (13/9/2019) ludes terbakar. Kebakaran ruko milik Haji Ahmad Sayuti Arief (70) selama ini digunakan untuk berdagang barang pecah belah tersebut diketahui pada pukul 06.00 WIB.

Saat itu istri korban bernama Tutut berniat menyetrika di lantai tiga rukonya. Namun saat menyetrika muncul percikan api di stop kontak listrik. Api pun kemudian cepat menjalar pada kabel listrik bahkan sempat meledak.

Peristiwa ini dibenarkan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo saat dikonfirmasi wartawan. “Iya kejadiannya sekitar pukul 06.00 WIB tapi Pusdalops mendapat laporan sekitar pukul 06.45 WIB. Setelah mendapatkan laporan 1 unit Damkar langsung berangkat ke lokasi,” Kata Heru Widagdo.

Baca Juga  P-APBD 'Gosong' Pemkab Jember Kembali Gunakan Perkada

Heru menambahkan, karena kembali mendapatkan laporan api makin membesar, satu unit Damkar kembali diluncurkan menuju ke lokasi. “Satu unit Damkar kembali diluncurkan karena ada laporan api semakin membesar. Tim assesment juga berangkat ke lokasi,” tambahnya.

Loading...

Heru juga mengatakan, bahwa penyebab kebakaran akibat konsleting listrik. “Awalnya pemilik rumah sedang menyetrika, tiba-tiba muncul percikan api dari stop kontak. Api kemudian cepat membesar bahkan ada ledakan,” katanya.

“Melihat api membesar pemilik rumah dibantu warga berusaha menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam ruko,” ujarnya.

“Karena banyak barang mudah terbakar, api tidak bisa dikendalikan. Api baru bisa dipadamkan setelah petugas melakukan penyemprotan selama hampir 1 jam,” kata Heru.

Baca Juga  Pabrik Mebel di Waru Gunung Karangpilang Dilalap Api

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian harta benda. Meski tim Jitupasna BPBD Jember melakukan penghitungan namun diperkirakan kerugian senilai hampir Rp 1 miliar karena barang dagangan korban ikut terbakar.

“Untuk kerugian belum bisa dihitung karena laporan tim Jitupasna belum masuk,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaSering Kecelakaan, Warga Minta Pagar Pengaman di Tapanuli Utara
Berita berikutnyaPredator Anak asal Tulungagung Diamankan Polda Jatim

Tinggalkan Balasan