Rapat Paripurna Jawaban Bupati Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Lamongan

1
rapat paripurna DPRD Lamongan

Lamongan, (kabarjawatimur.com) – Terkait rapat paripurna yang sebelumnya digelar (Rabu14 september 2022), Bupati Lamongan menyampaikan jawabanya pada rapat paripurna hari ke tiga, atas pandangan umum fraksi terhadap raperda usulan pemerintah daerah dan jawaban fraksi atas pendapat bupati terhadap raperda inisiatif DPRD, di Ruang Paripurna DPRD Lamongan, Senin (19/09/2022).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengapresiasi atas saran dan masukan dari berbagai fraksi di DPRD Lamongan sehingga dapat menyempurnakan usulan raperda dari Pemerintah Daerah.

Terhadap masukan dan saran atas raperda yang diberikan oleh Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Persatuan Nasional Rakyat Indonesia (PNRI), Bupati menjelaskan, Pemkab Lamongan telah melakukan monitoring, evaluasi dan pendataan yang dikoordinasikan dengan Kementrian Tenaga Kerja melalui aplikasi tka-daerah-kemenaker.go.id dan kantor Imigrasi Kelas I, serta Tim Pengawasan terhadap orang asing.

Baca Juga  Pengedar Asal Manyar Sebrangan Dibekuk, Jual Dua Jenis Sekaligus

Selanjutnya terhadap harapan Fraksi Partai Golkar atas Raperda tentang Penyelenggaraan Perizinan khususnya yang berbasis elektronik, Pemkab Lamongan juga telah melakukan pendampingan dalam pengisian administrasi perizinan usaha melalui website One Single Submission (OSS) untuk mempermudah UMKM dalam mendapatkan perizinan berusaha di Mall Pelayanan Publik.

Loading...

Pihaknya juga mengapresiasi Fraksi PKB, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN dan Fraksi PNRI atas masukan dan usulan terhadap Raperda tentang Perubahan atas peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Pemkab juga melakukan Pencabutan Perda Kabupaten Lamongan Nomor 9 Tahun 2011 tentang Izin Usaha Jasa Konstruksi dan Pencabutan Perda Nomor 16 Tahun 2018 tentang Bangunan Gedung. Mengingat dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, telah diatur kebijakan lintas sektoral,” jelas Bupati Yes.

Baca Juga  Rumah di Kedung Klinter Digrebek, Polisi Tangkap Satu Pria

Juru bicara DPRD Kabupaten Lamongan Kasdono mengapresiasi pendapat bupati atas empat Raperda Inisiatif dewan. Menurutnya saran Bupati agar substansi muatan Raperda ditambah dengan upaya preventif dalam mencegah permasalahan hukum dalam Raperda tentang Desa Wisata, akan menjadi perhatian dan disempurnakan dalam pembahasan tingkat pansus.

“Kami dari DPRD Lamongan menyampaikan terima kasih, terutama atas berbagai saran dan masukan terkait Raperda tentang penyelenggaraan Reklame, Raperda tentang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika dan Raperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah,” katanya. (*)

Reporter: Aziz.

Loading...
Artikulli paraprakBupati Bojonegoro Harapkan PNS Jadi Penggerak Roda Pembangunan

Tinggalkan Balasan