Puluhan Pemuda Samber Datangi Kantor Desa Sambimulyo Banyuwangi

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Puluhan pemuda Samber (Sambirejo Bersatu) mendatangi Kantor Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Rabu (5/5/2021). Kehadiran kaum milenial tersebut untuk menuntut transparansi anggaran pembinaan kepemudaan.

Untuk diketahui, Pemuda Samber adalah Komunitas pemuda asal Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo. Merasa tak pernah tersentuh kegiatan pemerintah desa, mereka berkirim surat klarifikasi kepada Kepala Desa Andik Santoso. Yang isinya meminta kejelasan berapa nominal anggaran pembinaan kepemudaan di Desa Sambimulyo, tahun 2020 dan 2021. Selanjutnya anggaran tersebut dialokasikan untuk kegiatan apa saja.

Bukannya memberi jawaban secara resmi kelembagaan. Hari ini, Rabu (5/5/2021), Kades Andik Santoso, justru mengundang Ketua Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto, untuk datang ke kantor desa setempat. Tak ayal, pengurus dan anggota Pemuda Samber pun mencium gelagat janggal. Hingga akhirnya diputuskan puluhan Pemuda Samber ikut mendampingi sang Ketua datang ke Kantor Desa Sambimulyo.

Dalam tatap muka, Kades Andik yang didampingi jajaran memberikan penjelasan bahwa anggaran pembinaan kepemudaan Desa Sambimulyo, ditahun 2020 sebesar Rp 10 juta. Namun karena penyesuaian anggaran imbas pandemi Covid-19, anggaran terpangkas menjadi Rp 8 juta.

Meski telah memberi penjelasan panjang lebar, sayangnya Kades Andik belum memberi jawaban tertulis atas surat yang dilayangkan Pemuda Samber.

Loading...

“Semua sudah kita sampaikan kepada Pemuda Samber. Mereka juga sudah paham,” ucap Kades Sambimulyo, Andik Santoso.

Terkait surat jawaban, lanjutnya, dia mengaku telah menyampaikan kepada Ketua Pemuda Samber. Bahwa surat akan dikirim hari Kamis besok (6/5/2021).

“Saya sampaikan ke Ketuanya (Ketua Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto), untuk nunggu besok diantar. Dan dia mengatakan siap,” jelas Andik.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Pemuda Samber, Hendrik Hariyanto, meminta agar Kades Sambimulyo, bisa segera menjawab surat klarifikasi yang dia kirim. Selanjutnya, surat balasan akan dijadikan bahan kajian, sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus dan anggota.

Untuk itu, sebagai wujud pengayoman, dia berharap Kades Andik Santoso, bisa menjabarkan dengan detil. Anggaran pembinaan kepemudaan yang telah dialokasikan digunakan untuk kegiatan apa saja. Kapan dan siapa pelaksananya.

“Dengan begitu kami akan semakin yakin bahwa pemerintah desa kami memang benar-benar transparan seperti yang selama ini kita ketahui,” katanya.

“Karena itulah kami sangat menunggu jawaban surat dari Bapak Andik. Jika perlu, setelah surat jawaban dikirim, akan kita jadikan bahan diskusi bersama seluruh pemuda Desa Sambimulyo,” imbuh Hendrik. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaMendapat Kunjungan Satgas Pusat BNPB, Bupati Blitar Sampaikan Perkembangan Penanganan Covid-19
Berita berikutnyaVivo Y91C, Pilihan Smartphone Untuk Anak Belajar Online 

Tinggalkan Balasan