Puluhan Finalis Siswa SD SMP Berlomba Tulis Surat Cinta kepada Bupati dan Wabup Gresik

0
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi Kepala Dinas Pendidikan Gresik S Hariyanto saat memberikan semangat kepada para finalis literasi.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Puluhan finalis dari kalangan siswa SD-SMP berlomba menulis surat cinta kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah. Hal ini dalam rangka pentingnya literasi.

Wabup Gresik Aminatun Habibah mengatakan, kebiasaan menulis bagi generasi muda itu penting. Sebab, dengan menulis mereka dapat mengungkapkan apa yang ada dipikiran dalam bentuk tulisan.

“Ternyata anak-anak sekalian ini berhasil dalam menuangkannya. Bagi para finalis tetap semangat dan tidak berkecil hati ketika tidak menjadi juara utama,” ungkap Bu Min.

Dia menegaskan, meskipun nanti akan dipilih 6 juara utama dari masing-masing SD dan SMP, para peserta harus tetap semangat berliterasi

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi Kepala Dinas Pendidikan Gresik S Hariyanto saat memberikan semangat kepada para finalis literasi.

“Saya yakin anak-anak yang sampai disini punya pikiran yang luar biasa. Dan meskipun nanti tidak menjadi juara utama, saya harapkan untuk tetap menulis.” ujar Bu Min.

Loading...

Untuk itu, Bu Min juga mengenalkan beberapa destinasi wisata di Gresik yang dapat dijadikan sebagai objek tulisan. Di antaranya Bandar Grisse, Makam Sunan Giri dan Sunan Maulana Malik Ibrahim. Dengan ini, anak-anak juga diharapkan untuk bisa mengenal dan menyebarluaskan berbagai macam hal menarik yang ada di Gresik.

Baca Juga  Kisruh Solar Subsidi di Lamongan Diduga Saling Catut Nama Oknum APH dan Wartawan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, S. Haryanto juga mengungkapkan, yang melatar belakangi lomba menulis surat cinta ini adalah hasil assessment nasional dalam indikator literasi yang masih di bawah standar.

“Maka salah satu upaya dalam meningkatkan hal tersebut adalah dengan lomba menulis yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik kali ini.” ucapnya.

Dirinya juga tidak menyangka, lomba ini dapat menjangkau sebanyak hampir seribu peserta dari seluruh SD dan SMP sederajat di lingkungan Kabupaten Gresik.

“Kami tidak menyangka kalau animo para pelajar tinggi dalam mengikuti lomba ini, karena estimasi awal target peserta hanya 300 orang saja dari total kategori SD dan SMP Sederajat,” imbuhnya.

Baca Juga  Bupati Jember Kirim Doa dan Menonton Pesta Bola Piala Dunia 2022

Sementara itu para finalis seusai menjalani tahapan final mendapatkan kesempatan berkunjung ke ruang kerja Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Disela-sela foto bersama para finalis Bupati Gresik berpesan kepada anak-anak agar terus semangat latihan menulis dengan gembira karena di masa depan profesi apapun membutuhkan skill menulis yang hebat.

“Anak-anak tetap semangat untuk menulis dengan gembira, terus berlatih untuk menjadi yang terbaik. Di masa depan skill menulis kalian yang hebat itu pasti dibutuhkan dalam profesi apapun,”tuturnya.

Selanjutnya, 30 tulisan terbaik dari para finalis tersebut juga akan dibukukan. Turut hadir saat tahapan final Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Haryanto, Kasi Kurikulum PAUD Hamidah, dan para pembina serta pendamping para finalis.

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Artikulli paraprakLuncurkan Aplikasi Khusus Layanan Pencari Kerja dan Pekerja Migran Warga Jember

Tinggalkan Balasan