Puasa Sepekan Tim Donor Ramadhan Himpun 642 Kantong Darah

30

JEMBER,(kabarjawatimur.com) – Program Donor Darah Ramadhan yang dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember membuahkan hasil.

Dalam sepekan terakhir program donor keliling ke tiap kecamatan dan masjid, menghasilkan 642 kantong darah.

Setiap hari tim mobil unit (MU) UDD PMI Kabupaten Jember terus berkeliling di malam hari usai salat tarawih untuk melayani para pendonor darah.

Berdasarkan catatan UDD PMI kabupaten Jember. Pada malam Ramadan pertama UDD PMI Kabupaten Jember mendapatkan 113 kantong darah.

Hari kedua mendapatkan hanya mendapatkan 37 kantong darah. Pada malam ketiga mendapatkan 137 kantong, berikutnya 89 kantong.

Setelah itu tim pendonor mendapatkan 140 kantong dan catatan minggu terakhir 136 kantong darah.

Perolehan darah itu hasil kegiatan donor darah sukarela dari UDD PMI Jl Srikoyo, Gerai Klinik Pratama PMI di Jubung, dan Gerai donor Markas PMI JL Jawa ditambah hasil tim MU UDD PMI yang keliling kecamatan.

Baca Juga  Kesebelasan Jurnalis Bekuk Diskominfo Jember 5-3

Kepala UDD PMI Kabupaten Jember dr Joy Puspo Kusumo mengatakan kegiatan tim MU UDD PMI keliling jemput pola kepada relawan pendonor darah sudah rutin beberapa tahun terakhir.

Loading...

“Kegiatan Donor Ramadan keliling kecamatan sudah lama berjalan di Jember. Ramadan kali ini agak berbeda karena masih pandemic COVID-19,”kata dr Joy, sapaan karibnya.

Menurut Joy, kegiatan donor Ramadan tahun ini sudah agak longgar tidak seperti dua tahun sebelumnya yang pas dilakukan saat puncak COVID-19, baik gelombang pertama atau kedua.

“Saat ini kegiatan berkerumun sudah longgar tetapi kami tetap tekankan petugas PMI dan relawan pendonor untuk mentaati protokol kesehatan,” ungkap dr Joy.

Baca Juga  Mahasiswa Minta Kejari Tanjung Perak Sosialisasikan Rumah RJ ke Sekolah dan Universitas

Dia menjelaskan, umat islam yang sudah santap buka puasa diperbolehkan untuk ikut kegiatan donor darah. “Kegiatan donor darah dilakukan usai salat tarawih setelah umat islam berbuka puasa,” terangnya.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menjelaskan, selama Ramadan, termasuk program Donor Ramadan keliling kecamatan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah PMI.

Pasalnya, saat perayaan Idul Fitri, stok darah di UDD PMI menurun sering minimnya jumlah relawan pendonor yang melakukan donor darah.

“PMI aktif menghimpun darah untuk stok harian dan stok saat Idul Fitri. Biasanya saat idul fitri jumlah pendonor yang melakukan donor sangat minim karena banyak yang mudik,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakIbu Laporkan Suami yang Cabuli Anak Kandung Sendiri
Artikulli tjetërBupati Gresik Apresiasi Langkah Cerdas Dinas Pertanian Gelar Pasar Tani Berbasis UMKM

Tinggalkan Balasan