PT PAL Luncurkan Dua Kapal Canggih

35
Kapal canggih buatan PT PAL

SURABAYA (kabarjawatimur.com)- PT PAL Indonesia meluncurkan dua kapal perang pesanan Kementerian Pertahanan Filipina dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Kapal jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) ini adalah kapal kedua yang dipesan Filipina dari Indonesia, sedangkan kapal Guided Missile Frigate (PKR-105) juga pesanan kedua dari Kementerian Pertahanan Indonesia.

“Kami mampu menyelesaikan tiga bulan lebih cepat dari target yang ditentukan,” kata Direktur Utama PT PAL Indonesia M Firmansyah Arifin dalam acara peluncuran di Kawasan Tanjung Perak, Surabaya pada Kamis ( 29/09/2016).

Kapal perang berbeda fungsi yang diluncurkan ini menjadi kunci sukses Insan PAL Indonesia untuk menjawab tantangan mengambilkan kepercayaan pelanggan . Dua kapal perang PKR hasil kerjasama alih teknologi dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding(DSNS), kapal Sigma PKR 105 pertama telah melakukan uji coba 7 September 2016 dan Rencananya akan diserahterimakan pada awal 2017 mendatang.

Baca Juga  Apes, Penarik Tas Dosen Dibekuk Polisi Usai Beraksi

Kolaborasi pembangunan 2 kapal Sigma PKR 105 melalui sistem modular setiap kapal terdiri dari 6 Modul dan perakitan terakhir dilakukan di PT PAL Indonesia. Kapal frigat pertama yang dibangun di Indonesia, PKR 105 didesain untuk berbagai tipe peperangan di antaranya untuk Peperangan darat, udara, atas air dan bawah air. Selain itu juga dilengkapi untuk pengamanan kemaritiman Sar dan misi kemanusiaan.

Loading...

Kesuksesan program alih teknologi bergantung pada kerjasama PT PAL dan DSNS sebagai satu tim dan hubungan yang terjalin dapat mempermudah alih teknologi yang dilakukan baik untuk Indonesia maupun untuk Belanda.

Sedangkan kapal Strategic Sealift Vesel (SDV) merupakan keberhasilan alih teknologi yang telah dikerjakan Insan PAL Indonesia saat pembangunan kapal Landing Platform Dock (LPD) 125 meter. KRI Banjarmasin yang digunakan sebagai Kapal komando pada Armada Jaya 34 dan KRI Banda Aceh yang digunakan untuk beberapa misi kemanusiaan merupakan 2 dari 4 kapal pesanan Kementerian Pertahanan Indonesia ini dengan desain dari Korea.

Baca Juga  Pemotor di Surabaya Tewas Terlibat Laka Kontra Sedan

SSV kedua yang diluncurkan ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan Insan PAL Indonesia setelah sebelumnya SSV pertama “BRP Tarlac 601” telah dikirim ke Filipina pada Mei 2016.

Kapal perang ekspor perdana yang pesanan Kementerian Pertahanan Philipina ini menjadi bukti dan saksi kebanggaan bangsa . Melalui penguasaan desain dan teknologi perkapalan PT PAL Indonesia turut andil dalam mendukung program proses maritim serta pemenuhan kebutuhan keamanan kemaritiman nasional.

Penulis : Ekoyono, Editor : Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakBergaya Spiderman, Bobol Rumah Warga
Artikulli tjetërDipasok Sabu dari Ibu Hamil , Dua Pelanggan Kena Tangkap

Tinggalkan Balasan