PSC 119 Bang Sakera, Layanan Cepat Tangani Pasien Gawat Darurat di Bangkalan

81
Mobil Ambulan PSC 119 Bang Sakera Bangkalan

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com)- Pemerintah Kabupaten Bangkalan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Kemajuan teknologi komunikasi dimanfaatkan langsung untuk optimalisasi layanan gawat darurat.

Program ini disebut Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu atau Public Safety Center (PSC) 119 ‘Bang Sakera’ diinisiasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan yang bentuk pada tahun 2020. Layanan ini dibentuk sebagai pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat terutama untuk penanganan pasien kegawatdaruratan. Selain itu akan hadir untuk wilayah yang mengalami krisis kesehatan dan membutuhkan penanganan cepat.

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo menerangkan bahwa, layanan PSC 119 telah dilengkapi dengan alat transportasi ambulan tipe Emergency VVIP yang disebut juga ambulan Gawat Darurat atau Sistem Penanggulangan Gawat Darurat (SPGD). Armada ini disebut tercanggih di Madura karena layaknya ruang Unit Gawat Darurat (UGD) berjalan yang disertai dengan dokter dan petugas medis yang profesional.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Bersama DPRD Bahas Raperda Dana Abadi Pendidikan Berkelanjutan

Layanan respon cepat ini tergambar pada bagian interior Ambulan PSC 119 yang dilengkapi bangku buka-tutup khusus dokter dan jok perawat atau tenaga medis. Pada bagian plafon terdapat gantungan cairan infus dan sejumlah lampu penerang untuk penanganan pasien.

Loading...

Terdapat pula lemari peralatan yang cukup besar untuk menampung persediaan obat-obatan, terpasang juga tabung oksigen, wastafel, brankar multifungsi dan landasan bawah untuk tempat scoop stretcher serta long spinal board.

“Layanan PSC 119 ini salah satu ikhtiar kami untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kegawatdaruratan medis. Sehingga dapat memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat, tepat, dan cermat bagi masyarakat,” ungkapnya, Jumat 25 Maret 2022.

Baca Juga  Metode Pemerintahan Bojonegoro Jadi Acuan Tim Studi Lapangan PKA

Sudiyo mengatakan, layanan PSC 119 ‘Bang Sakera’ Bangkalan tersedia selama 24 jam, sehingga masyarakat yang mengalami kegawatdaruratan bisa menggunakan layanan ini kapan pun dibutuhkan dengan cara menghubungi nomor lokal (031) 3095381 dan nomor HP 08113007119 (Whatsapp).

Nantinya pasien gawat darurat mendapat pelayanan pra rumah sakit, layanan di rumah sakit, dan antar rumah sakit.

“Layanan respon cepat kepada masyarakat awam dengan memaksimalkan petugas medis, layanan ambulan gawat darurat, dan sistem komunikasi,” tutupnya.

Reporter: Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakRelawan se-Provinsi Riau Gaungkan Joom Kite Besame Pak Jokowi 2024
Artikulli tjetërBupati Bojonegoro Dukung Penuh Komitmen Presiden Jokowi Bangga Buatan Indonesia

Tinggalkan Balasan