Produksi Miras Oplosan Digerebek

7

SURABAYA(kabarjawatimur.com) – Efendi, warga Jl.Medayu Surabaya harus berurusan dengan Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Pemuda 32 tahun tersebut ditangkap pada, Senin (7/11/2016) sekitar pukul 22.00 Wib karena memproduksi minuman keras oplosan secara ilegal.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga menjelaskan, kasus pemalsuan tersebut berhasil diungkap oleh Satreskrim Polrestabes Surabaya karena informasi dari masyarakat jika dalam sebuah rumah di jalan Medayu itu digunakan sebagai tempat memproduksi minuman keras oplosan dan sudah berjalan lebih dari satu tahun.

“Tersangka juga memberi label pita cukai palsu di beberapa botol minuman import yang dibeli dari seseorang,”kata Shinto Silitonga kepada kabarjawatimur.com, Rabu (09/11/2016).

Modusnya, Efendi hanya mencampurkan air mineral dan alkohol murni dengan perbandingan 1:4 untuk merk Mc. Donald dan 1:6 untuk merk Tomi Stanley, label merk itu juga di pesan via telepon dan dicetak di daerah Jakarta.

Loading...
Baca Juga  Direksi dan Dewan Pengawas PDP Kahyangan Tanda Tangani RKAP 2023

Dari aksi nakalnya tersebut, tersangka mengaku mendapatkan keuntungan lebih dari sepuluh juta dalam setiap bulannya, dan barang-barang tersebut di perjual belikan di daerah Nggrati Pasuruan.

“Untuk oplosan saya jual per kartonnya 250 ribu, untungnya hanya 65 ribu per karton, tapi kalau untuk merk mansion import saya beli langsung 650 ribu lalu saya kasih cukai dijual seharga 1,2 juta,” jelas Efendi.

Dari tangan tersangka, petugas mengamankan ribuan segel botol, puluhan botol kosong, peralatan untuk mengoplos minuman, dua drum alkohol murni dan beberapa galon berisi miras oplosan serta puluhan minuman keras import ilegal siap jual.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 135, 140 dan 142 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara atau denda maksimal 4 milyar rupiah.

Baca Juga  7 Gengster Pembacok Satpam di Pakuwon City Dibekuk Polres Perak

Penulis: Ekoyono, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakTerlilit Cicilan Motor, Sopir Mencuri Ditempat Kerja
Artikulli tjetërTetapkan Satu Tersangka OTT, Geledah Kantor TPS

Tinggalkan Balasan