Presiden Putuskan Vaksin Boster Gratis

0

JAKARTA  (kabarjawatimur.com) – Setelah beberapa hari beredarnya wacana tentang program penerimaan vaksin Boster yang terbagi menjadi dua kriteria, antara penerima gratis ditanggung pemerintah dan per bayar atau mandiri, kini tertanggal Selasa (11/1/2022) Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa semua lapisan masyarakat bisa menerima vaksin tahap ketiga ini bisa secara gratis.

Dari beberapa media yang telah memberitakan seperti halnya keterangan yang diutarakan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pemerintah menyiapkan dua mekanisme pelaksanaan vaksinasi tersebut yakni melalui program pemerintah dan secara mandiri.

“Untuk program pemerintah yang sudah disiapkan mekanismenya, pemberian vaksinasi kepada lansia dan nanti tentunya kepada para peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan di atas usia 18 tahun. Kita tahu, PBI selama ini menjadi tanggungan dari pemerintah sehingga nanti ketika mereka mendapatkan vaksin booster juga akan disediakan pemerintah,” terangnya dikutip dari program Profit CNBC Indonesia, Jumat (7/1/2022) lalu.

Baca Juga  Danramil Pucuk Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia Dini
Loading...

Sedangkan untuk yang tidak termasuk kriteria diatas para peserta vaksin Boster terpaksa melakukan secara mandiri atau membayar. Hal tersebut menginggat pasokan untuk vaksin yang tersedia di Indonesia sejumlah
113 juta dosis vaksin, sedangkan masyarakat Indonesia membutuhkan setidaknya 230 juta vaksin yang harus diberikan.

Namun perbedaan dua kriteria masyarakat yang menerima vaksin, digugurkan oleh President RI Joko Widodo. Joko Widodo menegaskan bahwa semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan vaksin ke-3 yaitu Boster secara gratis, dan ditetapkan untuk mulai tertanggal 12 Januari 2022.

“Pada tanggal 12 Januari pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas lansia dan kelompok rentan, dan penerima vaksin di gratiskan untuk semua lapisan masyarakat, beber Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga  Dikira Bom Meledak, Ternyata Freon Gegerkan Warga Surabaya

“Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan masyarakat, mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi. Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin COVID-19 ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia, karena sekali lagi keselamatan rakyat adalah yang utama,” jelas Joko Widodo.

Dijelaskan lagi bagi semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin tahap ke-3, bila sudah menjalani vaksinasi tahap ke-2 selama jangka waktu 6 bulan yang lalu.

Caption. : President RI Saat Jumpa pers pembukaan vaksinasi Boster.

Reporter : Yanto

Loading...
Berita sebelumyaTerpilih Pimpin FK Fraksi Golkar Ormas MKGR, Gde Sumarjaya Linggih Ajak Menangkan Airlangga Hartarto

Tinggalkan Balasan