Pra Munas Asparindo Dan Musda Bahas Tiga Usulan Pokok Konsep Pasar

35

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Agenda Musda ke-3 dan jelang Pra-Munas Asparindo (Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) bakal usung 3 usulan konsep pasar sesuai standarisasi.

Ketua DPP Asparindo Jatim, Abdullah Muchibuddin mengatakan adanya Musda ini juga bermaksud mengangkat budaya pasar tradisional tetap berperan terhadap sumber ekonomi kerakyatan mulai tingkat sumber daya manusia (SDM) sampai tatanan konsep berdagang yang diberlakukan.

“Ada tiga dasar pemikiran Musda yang diusung yakni soal tarif dasar listrik, penarikan biaya PPn dan zoning area sesuai klasifikasi pasar,” jelasnya di aula PD Pasar Surya Surabaya, Kamis (06/10/2016) disela kegiatan Musda ke-3 dan Pra Munas Asparindo.

Muchibuddin mencontohkan, saat ini pengelolaan pasar terbagi tiga yakni pasar setempah, sub pasar terminal pasar wilayah dan pasar induk. Ini juga sekaligus kesiapan Indonesia merumuskan konsep dan pengelolaan pasar.

Loading...
Baca Juga  Mantan Penyidik Polres Jember Diduga Terlibat Kasus Narkoba, Kapolres Jember: Akan Ditindak

Ke depan, sebut Muchibuddin juga akan dikonsepkan saling terintegrasi satu pasar besar dan pasar induk daerah. Sebab, jika dilihat dari keberadaan pasar tradisional sendiri letaknya digagas berdasarkan Fasum untuk penerapan tarif iuran maupun biaya pokok yang dibebankan ke pedagang.

Sementara Plt Direktur PD Pasar Surya, Mikhael Bambang Parikesit menjelaskan untuk perbaikan pasar sudah dikerjakan dalam tahap revitalisasi tahun ini di wilayah Surabaya.

“Saat ini ada tiga pasar induk Surabaya yakni pasar induk ikan Pabean, pasar induk sayur Keputran dan pasar induk grosir Kapasan.

Soal tehnis pelaksanaan secara bertahap diambilkan dari dana APBD dan sebagian dari PD Pasar sendiri,” jelasnya di acara Musda yang diikuti 19 peserta perwakilan daerah kab/kota di Jatim.

Baca Juga  Polsek Tanggul Ringkus Spesialis Pembobol Toko Dekat Markas Yonif Raider 515

Penulis : Jefri Yulianto
Editor : Budi
Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakDELL Berikan Inspirasi Untuk Berkarya Yang Hemat
Artikulli tjetërTri Rismaharini Mengharap Pegawai Pemkot Semakin Tanggap dan Ikhlas

Tinggalkan Balasan