Tangkapan Layar, Pernyataan Presiden Jokowi tentang Perkembangan Terkini PPKM Darurat.

JAKARTA, (Kabarjawatimur.com)- Secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan perihal perkembangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Minggu (25/7/2021). Jokowi memutuskan melanjutkan penerapan PPKM Level 4 yang berakhir Minggu (25/7/2021).

“Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, sudah ada tren perbaikan dari sisi laju penambahan kasus, BOR, hingga positivity rate.

Meski demikian, semua pihak harus tetap berhati-hati menyikapi tren perbaikan tersebut.

Walau diperpanjang, dalam PPKM kali ini, pemerintah akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati. Salah satunya berkaitan dengan pasar rakyat.

“Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa, dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Jokowi.

Baca Juga  Aniaya Anggota Polisi, Preman di Surabaya Dibekuk

Lanjut Jokowi, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari, bisa buka kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 15.00, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah.

Sebelumnya, Jokowi juga menyatakan jika trend kasus terus mengalami penurunan maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap.

Loading...

Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diijinkan dibuka sampai pukul 20.00, dengan kapasitas pengunjung 50%. Pasar tradisional selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari buka hingga pukul 15.00, dengan kapasitas maksimal 50%, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Semuanya, pengaturannya akan ditetapkan oleh pemerintah daerah. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet, voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lainnya yang sejenis diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00.

Baca Juga  PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 20 September 2021

Sementara, warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha diijinkan hingga pukul 21.00 dan maksimal makan untuk setiap pengunjung 30 menit.

Presiden juga meminta semuanya bisa bekerjasama, bahu-membahu untuk melaksanakan PPKM ini dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan pada rumah sakit juga menurun.

Untuk itu, semua harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi terhadap yang bergejala dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar.

Disiapkam juga bantuan sembako, bantuan kuota internet dan subsidi listrik diteruskan. Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar 1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro.(*)

Reporter: Rochman

 

Loading...
Berita sebelumyaPemkab Jember Biayai Warga yang Dirawat di Pusat Isoman
Berita berikutnyaBupati Hendy Sesalkan Aksi Kekerasan pada Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19

Tinggalkan Balasan