Potong Jaspel, Alasan Kemanusiaan Kepala Puskesmas Widang Tuban Tidak Ditahan

85

SURABAYA, Kabarjatim.id-
Subdit II Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana pemotongan uang jasa pelayanan (Jaspel) dan Biaya Operasional Kegiatan (BOK) di Puskesmas Widang Kab. Tuban.

Tersangkanya, SP (45) sebagai kepala Puskesmas Widang Kab. Tuban, dibekuk anggota Polda Jatim, pada 25 Maret 2019 sekira jam 07.00 WIB.

SP diamankan Ditreskrimsus Polda Jatim dibekuk di Kantor Puskesmas Widang Kab. Tuban karena telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai Kepala Puskesmas.

SP diketahui melakukan
pemotongan Jaspel dari Staf/Pegawai Puskesmas Widang Kab. Tuban, tanpa adanya kesepakatan dan tidak ada dasar hukum yang mengatur mengenai pemotongan Jaspel tersebut.

Modusnya, tersangka SP ini membuat daftar nominal jumlah uang jasa pelayanan untuk dipotong dari Staf/Pegawai Puskesmas yang berjumlah puluhan orang dan menerima Jaspel.

Baca Juga  Kelompok Residivis Pencurian Tertangkap, Tiga Diantaranya Wanita

Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yosep Gunawan didampingi Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pelaku ini memotong dana jasa kesehatan dari 36 tenaga kesehatan di Puskesmas sebesar 40 persen.

Loading...

Dana pemotongan tersebut diduga masuk ke rekening pribadinya dan pemotongan tersebut jumlahnya bervariasi setiap bulannya.

“Meski sudah tersangka, pelaku tidak ditahan karena alasan kemanusiaan dan dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan,” kata Akhmad Yosep, Kamis (28/3/2019).

Namun jika dibutuhkan hadir dalam penyidikan, pelaku akan siap hadir. Dana yang dikeluarkan oleh Staf/Pegawai Puskesmas berkisar sebesar Rp. 100.000, hingga Rp. 1.000.000.

“Setelah dikumpulkan oleh Bendahara Puskesmas selanjutnya disetorkan ke rekening penampungan yang dibuka oleh salah satu Staf TU atas perintah tersangka,” tambah Akhmad Yosep.

Baca Juga  Bawa Ratusan Miras, Pasutri di Surabaya Berurusan dengan Polisi

Barang bukti yang disita, uang sejumlah Rp. 171.000.000, 1 bendel SPJ JKN Bulan Juli 2018 s.d. Feb 2019, 1 bendel Dok. Pemotongan dana Jaspel. 4 HP, 2 buah buku rekening, dan 1 Laptop. (Eko)

Teks foto : Dirkrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yosep Gunawan didampingi Kabid Humas Kombes Pol Frans Barung tunjukkan barang bukti.

Editor : Budi

Loading...
Artikulli paraprakKelakuan Menyimpang Penjual Ikan, Terpaksa Berurusan dengan Polisi
Artikulli tjetërDiduga Ada Praktik Jual Beli Material Program Normalisasi Sungai di Desa Sumberagung

Tinggalkan Balasan