Polresta Sidoarjo Gelar Rakor, Bahas Pam Pelantikan Presiden dan Pilkada Serentak 2020

31

SIDOARJO, (Kabarjawatimur.com) – Bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serta sejumlah instansi terkait lainnya, Kapolresta Sidoarjo menggelar rapat koordinasi Pengamanan Pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024 serta kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sidoarjo, pada Kamis (17/10/2019).

Kepada para peserta rakor, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengingatkan pentingnya suasana kondusif dan kesuksesan pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019.

“Semua tahapan dalam Pemilu 2019 telah kita lalui sesuai konstitusi serta berlangsung dengan lancar, aman dan kondusif. Tinggal satu tahapan lagi yakni pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih. Maka mari kita jaga bersama ketertiban dan keamanan,” kata Kapolres.

Begitu pula terkait berbagai agenda tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 yang sudah makin dekat. Partai Politik pengusung paslon diharapkan dapat mematuhi semua tata tertib atau peraturan dari KPU maupun Bawaslu.

Baca Juga  Kapolresta Banyuwangi Bantah Adanya Tindakan Kekerasan pada Warga Pakel

“Berkampanyelah secara positif dan mematuhi semua peraturan. Jangan menyebarkan hoax maupun ujaran kebencian yang dapat memperkeruh suasana,” ujar Kombes Pol Zain Dwi.

Loading...

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M Iskak menjelaskan mekanisme dan berbagai tahapan Pilkada serentak 2020 yang mana di 2019 ini sudah dimulai pelaksanaannya. Yakni penetapan jumlah minimum dukungan pada 26 Oktober 2019 disusul dengan pendaftaran pemantau pemilihan dan sosialisasi ke masyarakat pada awal November 2019. Juga beberapa agenda lainnya yang diadakan secara berkelanjutan.

Dia berharap semua pihak terkait khususnya para parpol guna ikut serta saling mendukung kelancaran berbagai tahapan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sidoarjo nanti. “Mari semua saling dukung,” ucapnya singkat.

Baca Juga  Rekruitmen Atas Nama PT KAI Itu Palsu Alias HOAX

Bahkan menurut Ishak, nantinya juga akan ada perbaikan-perbaikan mekanisme dalam pelaksanaan Pilkada. Seperti misal akan diterapkannya e-Rekap hasil pemilihan. Sehingga akan memberikan akurasi jumlah dan kecepatan prosesnya.

“Namun yang terpenting adalah komitmen kita bersama harus dimulai saat ini untuk menjaga Sidoarjo tetap aman dan damai. Serta Pilkada serentak berjalan sukses,” kata dia.

Untuk diketahui, rakor berlangsung di Aula Bharadaksa Polresta Sidoarjo. Turut hadir Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M Iskak, Bawaslu Kabupaten Sidoarjo, Asisten I Pemkab Sidoarjo, Pasiops Kodim 0816 Sidoarjo, Dinas BPKAD Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, Satpol PP Kabupaten Sidoarjo serta sejumlah perwakilan dari partai politik di Kabupaten Sidoarjo. (*)

Reporter: Viane Cara

Loading...
Berita sebelumyaMenunggu di Warkop, Dua Sekawan Ditangkap setelah Patungan
Berita berikutnyaPeroleh 145 Suara, Nurul Yatim Kembali Terpilih Jadi Ketua AKD Gresik

Tinggalkan Balasan