Polres Gresik Dapat Penghargaan Sangat Baik Dari Kemenpan RB

15
Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo saat menerima penghargaan dari Menpan RB

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Polres Gresik mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan penilaian ‘sangat baik’ dalam hal Pelayanan Publik (Yanlik). Sasaran penilaian meliputi layanan SKCK dan SIM.

Pemberian penghargaan ini dilaksanakan di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta dengan dihadiri oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Deputi Yanlik Diah Natalisa, Asrena Kapolri, Baintelkam Polri, Korlantas Polri, para Kapolres sebanyak 207 orang dan para Kasat Intelkam serta Kasat Lantas sebanyak 414 orang.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan, kebijakan pemerintah untuk upaya perbaikan birokrasi dan pelayanan di institusi Polri sebagai fungsi Yanmas, Harkamtibmas dan Gakkum harus bisa dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga  SIG Luncurkan Produk Baru Semen Dynamix Masonry

“Sebagai pejabat publik harus mendengarkan aspirasi masyarakat. Jangan malah terjebak rutinitas. Pelayanan publik mampu membaca keinginan masyarakat yang dinamis,” kata Tjahjo Kumolo dalam sambutannya.

Loading...

Dia menegaskan, polisi harus memiliki inovasi, responsif dan berdaya saing. Hal ini mengacu pada 5 prioritas kerja Kabinas Jokowi. Yakni merampingkan birokrasi, kualitas SDM, peningkatan yanlik, struktur organisasi yang efektif, birokrasi harus mampu mengorganisir dan gerakan masyarakat.

Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa menambahkan, lokus evaluasi dibagi menjadi 3 wilayah mulai April hingga Oktober 2019 di seluruh Indonesia. Ada 7 polres yang tidak dievaluasi karena situasi yang tidak dimungkinkan (force majeure).

“Yang perlu diperbaiki adalah perlunya keterlibatan masyarakat dalam standar yanlik, survey kepuasan, reward kepada pegawai, sarpras khusus, layanan pengaduan, dan inovasi,” pungkas Diah Natalisa.

Baca Juga  Banser, Ansor, PSHT dan Tokoh Agama Deklarasi Anti Anarkisme di Polres Tanjung Perak

Atas penghargaan tersebut, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengucapkan terima kasih atas pencapaian dalam hal pelayanan publik dengan penilaian sangat baik.

“Penghargaan ini sebuah anugerah sekaligus cambuk motivasi agar ke depan Polres Gresik semakin meningkatkan pelayanan dan tidak terjebak dengan rutinitas pekerjaan,” ungkap Kusworo Wibowo. (*)

Reporter: Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan