Komplotan Curanmor yang diamankan

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Polsek Gubeng Surabaya menggulung pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang selama ini meresahkan warga, dan ojek online (Ojol).

Dalam catatan kejahatannya, mereka sudah Puluhan kali beraksi di wilayah Surabaya khususnya Polsek Gubeng. Salah satu korbannya yakni pengemudi ojol warga Jalan Jojoran I Perintis 2 Dalam No. 11 Surabaya.

Driver ojol ini kehilangan motor Honda Vario kesayangannya pada, Kamis, 15 Oktober 2020, sekitar pukul 20.30 WIB, ketika parkir di teras depan rumah.

Ke 4 pelakunya adalah, M. Ridwan (25) warga Jalan Dharmawangsa Surabaya, Oky Sahputra (22) warga Jalan Bulak Cumpat Surabaya, M. Huzain (20) warga Dusun Klompangan Lumajang dan Toyib (21) warga Jalan Simojawar Surabaya.

“Otak pelakunya yakni pelaku Huzain yang menelpon tersangka Ridwan untuk memesan jenis kendaraan yang dipesan untuk dicuri, selanjutnya tersangka Ridwan mencari sasaran bersama tersangka Oky,” sebut Kompol Palma Pahlevi Kapolsek Gubeng, Senin (26/10/2020).

Begitu ada sasaran setelah hunting, maka tersangka Ridwan langsung masuk kedalam rumah korban dengan jalan merusak kunci pagar dengan mengunkan kunci L yang dipipihkan, sementara pelaku Oky mengawasi sekitaran.

Baca Juga  Duh! Pengedar Sukomanunggal Dibekuk, Miliki 5 Gram Sabu

Setelah berhasil masuk kedalam teras rumah kemudian pelaku, merusak kunci stir kendaraan dengan mengunakan kunci shock bentuk T. Begitu berhasil merusak kunci stir.

Keduanya membawa kendaraan hasil curian tersebut kerumah tersangka Ridwan yang langsung menghubungi tersangka Huzain mengabarkan bahwa sepeda motor yang dipesan sudah ada dan siap diambil.

Loading...

“Mereka juga menghubungi tersangka Toyip agar menyiapkan kendaraan curian tersebut dan membawa motor hasil curian ke daerah Suramadu, sesampainya disana tersangka Ridwan menelpon tersangka Huzain,” tambah Palma.

Begitu sampai di daerah jembatan Suramadu, selanjutnya tersangka Huzain menelpon tersangka Toyib untuk menemui tersangka Ridwan dan mengambil unit kendaraan yang berhasil dicuri. Kendaraan hasil curian tersebut disimpan oleh tersangka Toyib.

Semuanya disimpan dirumah daerah Simo, selang beberapa hari kemudian tersangka Huzain bersama beberapa orang datang ke Surabaya untuk mengambil kendaraan hasil curian tersebut dari rumah tersangka Toyip.

Baca Juga  Petugas Gagalkan Penyelundupan Ratusan Pil Koplo di Lapas Banyuwangi

“Supaya tidak dicurigai maka tersangka Huzain menyiapkan beberapa STNK berikut Plat Nomornya dan kunci kontaknya sesuai dengan jenis kendaran yang berhasil dicuri,” imbuhnya.

Dirumah Toyip, nopol kendaraan diganti agar aksinya tidak terbongkar. Setelah diganti dengan plat nomer yang telah disiapkan oleh tersangka Huzain, motor dikendarai menuju Lumajang oleh orang orang yang telah disiapkan.

Dari mereka diamankan barang bukti,
2 buah kunci shock bentuk T, 7 buah kunci Shock yang ujungnya di pipihkan, 1 buah kunci kontak Yamaha, 1 buah kunci “L” yang ujungnya dipipihkan, 1 unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z warna Hitam, Nopol M-3623-PR, Honda Beat, Nopol L-5646-FC.

Diamankan pula, 1 unit sepeda motor Merek Honda Beat, Nopol L-5646-FC, 1 unit sepeda motor Merek Honda Vario, Nool L-4434-EC, 1 unit sepeda motor Merek Honda Vario 125, Nopol L-3084-AF, 1 unit kendaraan Avanza warna putih, Nopol W-1731-QQ, 4 buah plat nomer, 4 lembar STNK dan 8 kunci kontak Honda.(*)

Reporter : Eko

Loading...
Berita sebelumyaPandawa BPJS Kesehatan Ciptakan Optimalisasi Pelayanan
Berita berikutnyaSelamat Atas Dilantiknya Roem Kono sebagai Duta Besar RI untuk Bosnia-Herzegovina

Tinggalkan Balasan