Polemik PTSL, Komisi A DPRD Bojonegoro Angkat Bicara

33

BOJONEGORO (kabarjawatimur.com) – Program Nasional Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) masih menjadi polemik di beberapa wilayah dalam tahapan pelaksanaanya, termasuk di Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, biaya persiapan program sudah ditetapkan untuk wilayah Jawa dan Bali sebesar Rp. 150 ribu.

Sedangkan untuk kegunaan biaya tersebut, juga telah dicantumkan dalam SKB 3 Menteri, yaitu kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, serta kegiatan operasional petugas Kelurahan/Desa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kabupaten Bojonegoro telah menindaklanjuti dengan mengeluarkan Perbup Nomor 53 Tahun 2017 Tentang Teknis Pelaksanaan Program PTSL dengan biaya Rp.150 ribu.

Loading...
Baca Juga  Atlit Bola Cilik asal Pesanggaran-Banyuwangi Masuk Seleksi di Barcelona

Dalam prakteknya bila ada penambahan seperti patok dan materai tentunya tidak akan terlampau fantastis.

Anggota Komisi A DPRD Bojonegoro Ali Mustofa menyampaikan, bila terdapat tambahan biaya harusnya tidak akan melebihi Rp. 300 ribu.

Menurutnya, biaya persiapan PTSL 150 ribu itu juga kurang tepat karena ia menyadari banyaknya pekerjaan panitia, sehingga pihaknya mengusulkan untuk perubahan Perbup dikisaran Rp. 300 ribu.

” Kalau masih dikisaran 300 ribu wajar, tapi kalau sudah 500-700 ribu itu aneh perlu diselidiki oleh penegak hukum ” Ucap Politisi Partai Nasdem Tersebut.

Lebih lanjut, terkait biaya persiapan PTSL di beberapa desa yang fantastis diatas 500 ribu, Ali Mustofa menghimbau penegak hukum agar melakukan penyelidikan.

Baca Juga  Sinergitas dengan TNI, Pemkab Bojonegoro Gelar Pasar Murah

” Pasalnya biaya PTSL merupakan kebijakan pusat dari Presiden, jangan sampai biaya yang besar tersebut menghambat pelaksanaan PTSL ini. ” pungkasnya.

Reporter : Pradah
Editor : Risky

Loading...
Artikulli paraprakAjak Anak Dibawah Umur Ngamar, ABG Diamankan Polres Tanjung Perak
Artikulli tjetërEster, Mayat dalam Tong Dibunuh Dua Karyawannya

Tinggalkan Balasan