Warga saat bahu membahu memotong batang pohon yang tumbang di jalur Gumitir Jember-Banyuwangi.

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Sebatang pohon Kokap berukuran besar sebabkan kemacetan panjang. Pohon berdiameter 80 cm dengan lingkar pohon 230 cm terasebut tiba-tiba tumbang di kilometer 33 Jalur Gumitir, Kecamatan Silo, Jember, Minggu (19/9/2021). Bahkan sebuah mobil tertimpa batang pohon, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Tumbangnya pohon yang berada di tebing jalan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Batang pohon kemudian roboh melintang di tengah jalan.

Akibatnya arus lalu lintas di jalur Gumitir dari dua arah Jember – Banyuwangi macet total karena arus kendaraan tidak dapat melintas karena terhambat batang kayu.

Sebuah mobil Suzuki Ertiga berwarna putih berplat P 1668 XC yang melaju dari arah Banyuwangi menuju Jember sempat tertimpa batang pohon raksasa itu.

Semua penumpang mobil selamat, karena pohon tumbang itu hanya menimpa bagian kap mobil.

Baca Juga  HIPERHU: Kesepakatan Bersama RHU Bisa Beroperasi

Namun karena mengalami syok, pengemudi mobil Alif Maulana (38) warga Kabupaten Banyuwangi sempat mendapat pertolongan dari petugas TRC BPBD Jember.

“Kejadian pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, yang lokasinya di Kilometer 33 Jalur Gumitir. Saat kejadian ada satu mobil yang tertimpa pohon, tapi hanya mengenai kap mobil dan tidak ada korban,” kata Kapolsek Silo AKP Suhartanto saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Loading...

Menurut pria yang akrab dipanggil Tanto ini, kejadian pohon tumbang itu diduga karena akar pohon yang sudah rapuh dan tua.

“Ditambah juga saat ini cuaca di lokasi Jalur Gumitir sering terjadi angin kencang. Sehingga menyebabkan pohon raksasa itu tumbang,” katanya.

Lanjut Tanto, kejadian pohon tumbang itu menyebabkan Jalur Gumitir macet dari dua arah.

Baca Juga  Jambret ini Kerap Bekerja di Undaan Surabaya

“Karena posisi pohon tumbang melintang. Menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total. Baik dari arah Jember, ataupun sebaliknya (Banyuwangi). Kurang lebih kemacetan itu sepanjang 6 kilometer. Dari makam Habib Ali sampai Patung Gandrung (Banyuwangi),” ungkapnya.

Untuk upaya mengurai kemacetan, Tanto menyampaikan, pihaknya bersama relawan dan dibantu petugas TRC BPBD Jember melakukan pemotongan batang pohon yang tumbang menjadi bagian-bagian kecil. Agar bisa dipindahkan.

“Setelah itu mobil yang tertimpa pohon juga dipinggirkan,” katanya.

Untuk membantu proses kelancaran arus lalu lintas, Tanto menambahkan, pihaknya dibantu Satlantas dan Satsabhara Polres Jember.

“Dengan diberlakukan buka tutup jalur lalu lintas bergantian dari dua arah. Dengan memprioritaskan kendaraan bermotor roda dua dan kemudian bertahap,” sambungnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaPemkot Gelar Surabaya Art And Culture Festival 2021
Berita berikutnyaToko Pusaka Keris Pasar Turi, Dua Kali Dibobol Maling

Tinggalkan Balasan