PMI Banyuwangi Gandeng PT. BSI Adakan Operasi Katarak Gratis

Foto: Cahyono Seto, Direktur PT. BSI (tengah) ketika menjenguk pasien

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyuwangi bekerjasama dengan operator tambang PT. Bumi Suksesindo (BSI), Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kesehatan, dan John Fawcett Foundation (JFF) menggelar kegiatan sosial yakni pemeriksaan mata dan operasi katarak secara gratis, pada Selasa (17/9/2019).

Direktur PT. BSI, Cahyono Seto, menjelaskan bahwa, dukungan pada kegiatan ini sejalan dengan kebijakan sosial BSI di bidang kesehatan, yaitu turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

“Bidang kesehatan masyarakat merupakan salah satu fokus program sosial kami, selain pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan infrastruktur publik,” katanya.

Selain dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan, PT BSI bekerja sama dengan Puskesmas Pesanggaran juga memfasilitasi warga Pesanggaran yang ikut serta dalam kegiatan ini. Dari data yang diterima, ada 21 peserta dari Pesanggaran yang terdaftar.

“Untuk warga Ring 1, kami bekerja sama dengan pihak Puskesmas memfasilitasi keikutsertaan mereka,” cetus Seto ketika di Kantor PMI Cabang Banyuwangi.

Dalam kegiatan ini, panitia juga menargetkan akan melakukan pemeriksaan mata terhadap 2.000 orang, yakni pengobatan mata terhadap 800 orang, pemberian kacamata sebanyak 1.500 pasang, operasi mata katarak gratis untuk 300 orang, dan pemberian bola mata palsu untuk 20 orang.

Pasien dari Pesanggaran, lanjut Seto, yang didominasi para petani ini berangkat bersama menggunakan bus. Setelah kegiatan, diharapkan keluhan matanya dapat disembuhkan, sehingga dapat beraktifitas dengan normal.

“Kami sangat mendukung upaya pemerintah Banyuwangi dalam meningkatkan kwalitas kesehatan masyarakatnya, terlebih bagi mereka yang kurang mampu,” jelas Direktur PT Bumi Suksesindo (BSI), Cahyono Seto.

Loading...
Foto: Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko ketika menyapa pasien

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) PMI yang ke 74.

“Tadi saya menghampiri para pasien, alhamdulillah dari kecamatan Kalibaru, Bangorejo, Wongsorejo, dan kecamatan lainnya juga hadir disini. Bahkan biasanya dari Kabupaten tetangga, Jember, Bondowoso juga hadir,” ucap Yusuf Widyatmoko.

Keterlibatan PT. BSI menurut Yusuf, pada tahun ini acara serupa telah digelar sebanyak dua kali. Acara yang kedua ini, PT BSI berperan besar dalam menyukseskan kegiatan dari sisi bantuan anggaran.

“Yang jelas kegiatan ini juga mengurangi masyarakat yang menderita sakit mata, dan itu setiap tahun pasti ada yang sakit, tetapi alhamdulillah setiap tahunnya menurun,” pungkas Yusuf.

Sekedar diketahui, kegiatan pelayanan kesehatan mata gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut bakal diselenggarakan dalam lima hari kedepan. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaHati Hati Tuduh Tabrak Lari Marak, Polisi Surabaya Amankan Pelakunya
Berita berikutnyaPensiunan PT KAI di Jember Tertabrak KA Mutiara Timur

Tinggalkan Balasan