PKL di Rogojampi Siap Pindah, Asal Ada Jaminan Relokasi

250
Pedagang di Kawasan Rogojampi

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi diwacanakan akan dipindah. Namun pemindahan tersebut banyak menuai persoalan dari para pedagang.

Pasalnya, mereka (PKL) tidak tahu akan dipindahkan kemana. Padahal para pedagang berharap ada solusi dari Pemerintah, agar mereka yang masuk dalam kalangan ‘Wong Cilik’ bisa berjualan kembali.

“Kami bukannya menolak untuk pindah, tapi kami berikan solusi lah yakni tempat yang layak bagi pedagang,” kata Samsul mewakili para pedagang usai acara sosialisai ketertiban PKL di Pendopo Kecamatan Rogojampi, pada Kamis (31/10/2019).

Apalagi, lanjut Samsul, ketika sosialisasi PKL yang difasilitasi oleh Camat Rogojampi, pihaknya terkesan memaksa pedagang untuk pindah, dan ketika pedagang memberikan masukan dan usulan di forum, Camat Rogojampi sama sekali tidak menghiraukan pedagang yang ingin melampiaskan uneg-unegnya.

“Masak kita diberi waktu sampai akhir bulan November saja untuk pindah. Jika ada tempat relokasinya pedagang ya siap pindah kok,” tegas Samsul kepada wartawan.

Loading...
Baca Juga  Modal Foto Lelang di FB, Kelabuhi Tetangga hingga Ratusan Juta

Soal pemindahan itu, rencananya para pedagang ini akan diberikan tempat relokasi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rogojampi yang sebelumnya digunakan sebagai Pasar Hewan. Namun, untuk sementara ini pedagang juga berkeinginan untuk tetap menempati lokasinya.

“RTH kan belum rampung, mau dikemanakan pedagang ini. Tolonglah difasilitasi, kami juga butuh makan selagi belum ada realisasi di RTH,” jelasnya.

Senada juga disampaikan pedagang lain, Dewo. Warga asli Rogojampi ini, mengaku tak tahu lagi nantinya berjualan dimana jika ditertibkan. Sebab dari penjualan dagangannya tersebut, ia beserta keluarganya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kalau nolak saya jelas nolak, tapi harus ada solusinya. Mau ke mana lagi saya jualan, padahal buka jualan hanya malam saja,” ujar Dewo.

Baca Juga  Sayembara Design Logo Hari Jadi Sumenep Diperpanjang

Sementara itu, Camat Rogojampi, Nanik Machrufi menegaskan, untuk para pedagang agar mematuhi Peraturan Daerah yang telah disahkan oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Dan itu tidak ada tolerensi kepada siapa pun.

“Tidak ada toleransi bagi mereka yang telah menabrak aturan,” katanya.

Tak puas dengan wacana penertiban PKL tersebut, rencananya para pedagang yang mengatasnamakan Forum Pedagang Kaki Lima Rogojampi (FPKLR) akan kembali mendatangi Kantor Kecamatan untuk menanyakan kejelasan relokasi pedagang. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakAsyik Transaksi, Pria Asal Surabaya Kaget ada Polisi Datang
Artikulli tjetërTMMD Ke 106 di Jombang Resmi Ditutup

Tinggalkan Balasan