PKK Sokogunung Tuban Cipatakan Ecobrik Untuk Kurangi Volume Sampah

50

TUBAN (Kabarjawatimur.com) – Sampah merupakan satu permasalahan serius yang masih memerlukan solusi serta kepedulian dari banyak pihak, baik dari dinas terkait hingga masyarakat.

Tak jarang, ide-ide kreatif dari masyarakat justru dapat membantu mengurangi volume sampah yang ada, bahkan mampu disulap menjadi sampah yang bernilai dan menghasilkan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Ibu – Ibu PKK Desa Sokogunung, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, mereka mampu mencetuskan terobosan pengelolaan sampah plastik menjadi ecobrik.

Saat dijumpai kabarjawatimur.com, Ketua TP PKK Desa Sokogunung, Erika Nurtaviani menyampaikan bahwa hal tersebut berawal dari keinginannya agar sampah tidak menumpuk di desa, sehingga otomatis akan menggurangi volume sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Loading...
Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Bojonegoro Gelar Seminar Politik Bagi Pemilih Pemula

“Banyak manfaat yang kita dapat, bahkan ibu-ibu saat ini memiliki kegiatan untuk menambah penghasilan, dengan cara mengumpulkan sampah plastik yang nantinya kami tukar dengan minyak goreng,” ucapnya, Senin (28/02/2022).

Selanjutnya, Erika Nurtaviani menjelaskan bahwa hasil ecobrik tersebut nantinya akan digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat taman desa.

Dalam kesempatan yang sama, Hariri Muhartono selaku Ketua LSM Link Kontrol sangat mengapresiasi kegiatan dari PKK Sokogunung tersebut, menurutnya hal ini dapat membantu meminimalisir permasalahan sampah dan juga untuk pemberdayaan.

“Meskipun sekupnya kecil, jika nantinya dilakukan oleh semua desa, maka permasalahan sampah dapat teratasi sedikit demi sedikit,” pungkas Hariri. (*)

Reporter : Pradah Tri W

Loading...
Baca Juga  Saat ini, Polisi Kembali Gencar Lakukan Patroli Keramaian, Warkop dan Cafe
Artikulli paraprakPengedar Bronggalan Surabaya Dibekuk, Polisi Amankan Ribuan Obat Terlarang
Artikulli tjetërPerempuan 54 Tahun Tewas Terlindas KA Usai Beli Krupuk dan Jemur Nasi

Tinggalkan Balasan