PJB Ciptakan I-CORE Guna Menjaga Kestabilan Pasokan Listrik

31

SURABAYA (Kabarjawatimur.com) – Kesiapan pasokan listrik menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H dipastikan tidak mengalami kendala.

Ketersediaan tersebut dipastikan dengan kunjungan yang dilakukan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini beserta rombongan.

Kunjungan kepada PT Pembangkitan Jawa-Bali pada Kamis (6/5/2021) kemarin merupakan langkah untuk memastikan kesiapan PJB dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan.

Pemantauan dilakukan secara langsung oleh Menteri ESDM melalui I-CORE (Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty & Efficiency) PT PJB, yang merupakan produk inovasi dalam teknologi pengelolaan pembangkit berbasis digital 4.0.

Selama kunjungan ke PT PJB, Arifin Tasrif menyampaikan pesan bahwa dalam era digitalisasi yang sudah ada di depan mata, seluruh karyawan PLN dan PJB harus tanggap terhadap perubahan. Beliau juga mengapresiasi kinerja PJB dalam menerapkan digitalisasi pembangkit ini.

Baca Juga  KPK RI: Indeks Integritas Pemkab Jember dan Kinerja ASN Rendah!

“Digitalisasi Pembangkit PJB sudah dijalankan dengan baik, mulai dari pengawasan dan perbaikan. Semua karyawan PJB dan PLN harus dapat menghadapi perkembangan teknologi sehingga semakin mengoptimalkan performa pembangkit dan memberikan manfaat dalam menghadirkan listrik berkualitas kepada masyarakat luas”, pungkasnya.

Loading...

Melalui ICORE dapat dilakukan proses pemantauan operasional, menganalisis, dan mendiagnosis kondisi pembangkit secara digital dan real time, melalui pengoptimalan sensor yang ada di mesin pembangkit-pembangkit di unit.

Selain itu I-CORE dapat menghasilkan rekomendasi pemeliharaan atau perbaikan yang diperlukan, maupun untuk menggerakan peralatan secara otomatis sehingga tercapai keandalan dan efisiensi yang optimal.

ICORE sudah diimplementasikan pada 14 Unit Pembangkit PT PJB tersebar dan selanjutnya secara bertahap ICORE akan diterapkan di seluruh Unit Pembangkit karena ICORE memiliki peran penting dalam menjaga pembangkit-pembangkit PJB dapat beroperasi dengan baik dan menghadirkan listrik yang berkualitas.

Baca Juga  Kembali Dipenjara, Dua Tahun Bebas Berulah

Di waktu yang sama Zulkifli Zaini, Direktur Utama PLN (Persero) menyampaikan, bahwa PJB telah berhasil mengimplementasi digitalisasi pada pembangkit.

“PJB menjalankan pilar transformasi dari PLN yaitu “Lean” dengan baik. salah satunya melalui digitalisasi pembangkit dan saya menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan”, pesan Zulkifli.(*)

Reporter : Yanto

Foto : Kunjungan yang dilakukan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini

Loading...
Artikulli paraprakDiputar Balik, Ternyata Rombongan Pengajian Pamekasan Hanya Berdoa di Suramadu
Artikulli tjetër100 Hari Kapolri, Peluncuran Berbagai Aplikasi Wujud Keseriusan Perbaikan Korps Bhayangkara

Tinggalkan Balasan