Pilihan Transportasi Terbaik Menuju Bandara Soekarno Hatta dari Kota Jakarta

0

JAKARTA (Kabarjawatimur.com) Bandara Soekarno Hatta yang terletak di Tangerang, provinsi Banten merupakan salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Bandara ini melayani rute penerbangan luar negeri dan domestik ke berbagai wilayah di nusantara.

Tak pelak banyak maskapai besar pun kerap melakukan berbagai macam promo untuk meningkatkan volume penerbangan dari bandara ini. Bagi Anda yang akan bepergian ke luar kota dalam waktu dekat, bisa juga cek promo Lion Air untuk mendapatkan harga terbaik.

Lokasi bandara Soekarno Hatta yang cukup jauh dari pusat kota Jakarta membuat banyak pihak mengembangkan aneka transportasi umum yang nyaman, aman, dan cepat bagi para penumpang. Lalu, apa saja pilihan transportasi yang bisa Anda pilih untuk bepergian ke bandara Soekarno Hatta? Supaya tidak bingung, mari kita simak informasinya berikut.

1.   Kereta Bandara Railink

Sebagai kota yang sibuk, Jakarta kerapkali dipusingkan dengan masalah kemacetan. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi Anda yang diwajibkan untuk hadir tepat waktu di bandara supaya tidak ketinggalan pesawat. Transportasi yang digadang-gadang paling efisien untuk membelah kemacetan yang ada di Jakarta adalah kereta api.

Kereta api khusus bandara ini sendiri mulai digunakan pada tahun 2018 dan terintegrasi dengan commuter line hingga Transjakarta. Transportasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit dari pusat kota Jakarta menuju bandara Soekarno Hatta. Jadwal keberangkatannya pun cukup teratur, yakni setiap 30 menit sekali. Kereta yang dioperasikan oleh PT Railink ini mulai beroperasi pada pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam.

Anda bisa naik kereta bandara ini menuju bandara Soekarno Hatta di stasiun Manggarai, BNI City, Duri, dan Batu Ceper. Fasilitas yang tersedia di dalam kereta antara lain AC, tempat mengisi daya menggunakan USB, TV, toilet, bahkan wifi. Harga tiket kereta juga cukup bervariasi tergantung kelas dan stasiun tempat Anda naik dengan kisaran harga terendah Rp30 ribu, sedangkan harga tertinggi adalah Rp70 ribu. Anda bisa pesan kereta bandara ini menggunakan aplikasi traveloka.

Baca Juga  Pemuda Tambakasri Dahlia Dibekuk Polres Perak Surabaya

2.   Bus DAMRI Bandara

Alat transportasi lain yang cukup mendapat tempat di hati masyarakat adalah Bus DAMRI. Sarana transportasi milik perusahaan negara ini cukup nyaman dan memiliki tarif yang terjangkau dengan banyak kota tujuan. Tak heran apabila bus Damri jadi idola bagi penumpang yang rumahnya jauh dari fasilitas kereta bandara.

Bus Damri menuju bandara mulai beroperasi pada pukul 2 pagi hingga pukul 6 sore. Adapun bus Damri dari dalam bandara menuju luar bandara mulai aktif pada pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam. Untuk harga tiketnya juga cukup bervariasi berdasarkan tempat Anda naik dan tujuan. Tarif paling murah saat ini ada di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 85 ribu.

Loading...

Anda bisa naik bus Damri bandara ini antara lain di Blok M Square, Gedung Pos, Grogol, Terminal Kalideres, Pasar Rebo, dan Damri Logistics di area Cakung. Tiket bus Damri bisa dibeli langsung di loket penjualan atau melalui aplikasi yang tersedia.

3.   Taksi Bandara

Alternatif transportasi lain  yang bisa Anda pilih adalah taksi bandara. Anda bisa menyetop taksi-taksi ini di pinggir jalan ataupun melakukan pemesanan via telepon hingga aplikasi untuk melakukan penjemputan dari depan pintu rumah, hotel, dan kantor. Beberapa taksi rekanan resmi bandara Soekarno Hatta adalah Blue Bird, Diamond, Express, Gading, Gamya, Green Line, dan Primajasa.

Biaya buka pintu taksi sendiri ada di kisaran Rp6.500, kemudian harga per kilometernya di kisaran Rp4.000. Jadi bisa dibilang semakin jauh jarak tempat Anda naik taksi menuju bandara, maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Taksi bandara biasanya memiliki stiker khusus di bagian depan dan dilengkapi dengan argometer.

Baca Juga  Aksi Nakal Penjual Gorengan di Surabaya, Berakhir Dibalik Jeruji

4.   Taksi Online

Kecanggihan teknologi telah membuat sarana transportasi tak hanya berbasis pada angkutan yang disediakan oleh pemerintah maupun penyedia layanan taksi konvensional. Dewasa ini layanan taksi menggunakan mobil pribadi yang acapkali disebut taksi online juga marak digunakan oleh calon penumpang pesawat. Selain harganya bersaing dan nyaman, taksi online juga mudah sekali dipesan menggunakan aplikasi yang ada di ponsel pintar Anda.

Untuk harga per kilometernya, taksi online biasanya mengenakan tarif Rp2.300 – Rp2.700. Bisa dibilang lebih murah dari taksi konvensional, oleh karena itu seringkali jadi pilihan bagi para penumpang yang menuju bandara Soekarno Hatta. Namun harus diingat, biaya ini tidak termasuk tarif tol, tiket masuk ke bandara, ataupun biaya parkir.

5.   Rental Mobil

Nah, apabila Anda berniat bepergian ke bandara Soekarno Hatta dengan banyak orang, ada baiknya Anda menyewa mobil sehingga suasana bisa lebih privat. Biasanya mobil pribadi bisa muat hingga 6 orang termasuk sopir. Jika Anda membutuhkan mobil yang lebih besar, jasa sewa mobil juga menyediakan mobil minibus, Elf, hingga bus berukuran besar.

Harga sewa kendaraan ini juga bervariasi yang biasanya berdasarkan jenis mobil, durasi waktu penggunaan, serta tujuan Anda dalam bepergian. Sebagai informasi, harga sewa mobil di dalam kota dengan durasi waktu 4-8 jam biasanya dikenakan tarif Rp175.000.

Itu dia beberapa pilihan transportasi bagi Anda yang ingin bepergian ke bandara Soekarno Hatta dari kota Jakarta. Semoga informasi tersebut cukup membantu Anda yang dalam waktu dekat bepergian ke Jakarta. Selamat mencoba! (*)

Loading...
Berita sebelumyaBasis Narkoba Kunti Digrebek, Polisi Amankan Pelaku dan Barang Bukti

Tinggalkan Balasan