Perum Country Garden Residence Karangsari Diduga Serobot Tanah Pemerintah

65
Jalan menuju Perumahan Country Garden Residence (CGR) di Dusun Nganjukan, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. FOTO: Dok. Kabarjawatimur.com

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) –  Perumahan Country Garden Residence (CGR) di Dusun Nganjukan, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, diduga menyerobot tanah pemerintah. Yakni dalam menyediakan Fasilitas Umum (Fasum) jalan masuk utama perumahan.

Kepala Desa (Kades) Karangsari, Budiyono menyebutkan, Perumahan CGR berdiri diatas tanah hak milik si pengembang perumahan, Salim. Namun jalan masuk utama menggunakan tanah milik pemerintah.

Kades Budiyono mengaku tidak tahu menahu apa dasar pengembang asal Dusun Plaosan, Desa Gendoh, Kecamatan Sempu, tersebut berani menguasai tanah milik pemerintah.

“Kita sejak awal sudah berkoordinasi, tapi tidak digubris, akhirnya kita undang menggunakan surat resmi. Kami ingin tahu apa dasar mereka menggunakan tanah pemerintah untuk Fasum perumahan,” katanya, Jum’at (15/5/2020).

Baca Juga  Kebakaran Gudang Serabut Kelapa Kerugian Capai 1,5 Miliar

Diceritakan, sekitar perumahan CGR memang terdapat perumahan eksodan. Yang dibangun dan se izin pemerintah. Dan lokasi perumahan CGR agak menjorok kedalam dari jalan desa. Tersekat tanah pemerintah tempat berdiri perumahan eksodan.

Loading...

Entah atas izin siapa, tiba-tiba Salim, si pengembang perumahan membuat akses jalan diatas tanah pemerintah tersebut. Dengan panjang sekitar 300 an meter dan luas 4 meter an. Setelah dilakukan pavingisasi, jalan diatas tanah pemerintah itu kini dijadikan jalan masuk utama perumahan CGR.

“Jika pihak pengembang tetap tidak kooperatif, terpaksa jalan tersebut akan kita tutup paksa. Karena itu tanah pemerintah dan kami pihak desa tidak merasa pernah mengeluarkan rekomendasi apapun,” cetus Kades Budiyono.

Baca Juga  Gubernur Jatim Beri Bantuan Ventilator kepada 17 RS Rujukan Covid-19

Dikonfirmasi terpisah oleh wartawan, Rofiq, penanggung jawab perumahan CGR, mengaku pemanfaatan tanah pemerintah untuk akses pintu masuk utama perumahan sudah legal. Karena sudah mengantongi izin dari Pemerintah Desa Karangsari. Karena telah mengantongi izin, mereka pun akhirnya berani melakukan pavingisasi diatas tanah pemerintah.

“Kita sudah mendapat izin dari pemerintah desa,” katanya.

Dengan adanya fasum yang memanfaatkan tanah milik pemerintah, maka perizinan dari perumahan Country Garden Residence di Dusun Nganjukan, Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, ini pun dipertanyakan. Apalagi lebar jalan masuk utama hanya sekitar 4 meter. Padahal sesuai aturan, lebar jalan utama perumahan minimal 8 meter. (*)

Reporter: Rochman

 

Loading...

Tinggalkan Balasan