Pertanyakan Izin AMDAL – AMDALALIN, Puluhan Warga Sambonggede Tuban Demo PT SAG

39
Masyarakat Sambonggede saat melakukan aksi unjuk rasa

TUBAN (Kabarjawatimur.com) –Warga Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban menggelar aksi unjuk rasa di lokasi pembanguan tempat pengolahan Gas yang dikerjakan oleh PT. Sumber Aneka Gas (SAG), Selasa (19/07/2022).

Dalam aksi tersebut, warga didampingi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Projo dan LSM Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI) DPC Tuban.

Selain mempertanyakan ijin pelaksanaan pembangunan, para pengunjuk rasa juga mempertanyakan tentang Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Analisis Dampak Lalu Lintas (AMDALALIN).

Heri selaku koordinator aksi menyerukan, bahwa kedatangan mereka bukanlah untuk menghalangi proses pembangunan yang dilakukan PT SAG, namun untuk memastikan kegiatan tersebut sudah sesuai prosedur, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan akibat dampak lingkungan.

Baca Juga  Sembunyikan Barang Dalam Kamar Kost, Pria ini Terpaksa Berurusan dengan Polisi

“Saya tidak menghalangi saudara untuk bekerja, tapi tolong tunjukan dulu perijinan AMDAL dan AMDALALIN, agar semua masyarakat tahu kegiatan saudara tidak berdampak. Jika tidak bisa menunjukan izin, lebih baik kegiatan ini dihentikan dulu sementara,” tandasnya.

Loading...

Selain itu, ditambahkan oleh Kuncoko anggota LSM BPPI Tuban, bahwa kuat dugaan alat berat yang berada dilokasi pembangunan tersebut, disinyalir menggunakan bahan bakar mesin (BBM) bersubsidi.

“Perusahaan ini sudah menyalahi aturan perizinan dan terindikasi menggunakan BBM bersubsidi. Parahnya lagi, mereka menutup mata dengan masyarakat lokal yang seharusnya bisa diberdayakan sebagai tenaga kerja, bukan malah merekrut dari luar wilayah,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan pihak PT SAG yang menjumpai massa pengunjuk rasa menyampaikan, pihaknya berjanji akan menunjukan dokumen perijinan dalam dua hari mendatang.

Baca Juga  Bu Nyai dan Kiai Kampung Antusias Memberi Dukungan ke Ganjar

Anehnya, berdasarkan informasi yang diperoleh pewarta, Dinas Penanaman Modal PTSP (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Tuban pernah menyatakan izin pembanguan tempat pengelolaan gas yang dikerjakan oleh PT. SAG sudah lengkap. Akan tetapi, setelah masyarakat melakukan demo lantaran izinya dianggap belum lengkap, pihaknya justru mengeluarkan peryataan yang berbeda dari sebelumnya.

Reporter : Pradah Tri W

Loading...
Artikulli paraprakJembatan Suramadu Ditutup, ini Penjelasan Polisi
Artikulli tjetërAcungkan Pedang Panjang ke Tetangga Pria Bertatto di Penjara

Tinggalkan Balasan