Bahan Bakar Minyak Ron 98: Pertamax Tubo resmi terdistribusi penuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Timur

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – PT Pertamina (Persero) resmi memasarkan bahan bakar minyak (BBM) baru berjenis pertamax turbo di sela-sela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2016 di Grand City, Jumat (30/9).

“Untuk tahap awal, produk ini akan dipasarkan di 14 SPBU masing-masing empat SPBU di Surabaya, satu SPBU di Sidoarjo dan sembilan SPBU di Malang. Pertamina menargetkan 105 SPBU di Jatim bisa terdistribusi sampai akhir tahun,”yakin General Manager Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono.

Ageng optimis juga di beberapa kota besar lain di wilayah Jatimbalinus untuk penjualan pertamax turbo diharapkan naik 50 persen sama seperti di Jakarta.

Lebih lanjut Ageng menjelaskan, produk yang dijual seharga Rp 8.800 per liter ini bakal menggantikan Pertamax Plus yang memiliki nilai oktan 95. Kebutuhan BBM Gasolin di Jawa timur terealisasi sekitar 3.923kl (Premium) per hari, 4.917kl (Pertalite) per hari, untuk Pertamax mencapai 2.753kl per hari dan 105kl (pertamax plus).

Baca Juga  Grebek Kampung Kunti, Polisi Gabungan Hanya Tangkap 1 Pria

“Kalau ditotal jumlah share terhadap nasional Jatim berkontribusi 33% (premium), 42%(pertalite), 24% (pertamax) dan 1% (pertamax plus) selama periode berkala sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Loading...

Sementara juga hadir saat peresmian, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan BBM berkualitas tinggi ron 98 pertamax turbo ini juga sudah diformulasikan Pertamina yang sudah uji kemampuan di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa, sebelum masuk dipasarkan di Indonesia.

“Sejak diluncurkan di Jakarta, kebutuhan BBM terjadi kenaikan pasokan sekitar 2,7kl – 3,5kl/hari per SPBU. Secara nasional kebutuhan bbm pertalite sudah mencapai 30.000Kl/30 juta liter per hari, naik 10 kali lipat sejak Januari 2016 hanya 3000Kl seluruh Indonesia,” bebernya.

Baca Juga  89 Taruna Raih Predikat Istimewa Bakkual Pistol, Gubernur AAL: Kalian Hebat, Saya Bangga

Sedangkan jenis bbm Pertamax 8700Kl/hari naik 23.000Kl, dan Pertamax Turbo baru 300Kl/hari. Menurut Bambang, nilai oktan 98 merupakan angka yang menunjukkan kemampuan bahan bakar untuk dikompresi atau ditekan. Artinya, semakin besar tekanan yang bisa diterima, tenaga yang dihasilkan juga semakin besar. Jadi Pertamax Turbo ini cocok untuk mesin yang punya rasio kompresi tinggi, terutama yang diatas 12:1.

Penulis : Jefri Yulianto
Editor : Budi
Publisher: Gunawan

Loading...
Berita sebelumyaProyek Sumur Pompa Air Belum Berfungsi
Berita berikutnyaBupati Sidoarjo Minta Jargas Segera Dioperasikan

Tinggalkan Balasan