Permudah Layanan Keimigrasian, Imigrasi Surabaya Luncurkan Si Pintar

153
Imigrasi Surabaya
Kabid Doklantalkim Anggoro Widjanarko (tengah) memberikan sosialisasi Si Pintar didampingi Randy (kiri) dan Dandy Permana (kanan).

SIDOARJO (Kabarjawatimur.com)
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya terus berbenah dan selalu memberikan inovasi terbaik untuk masyarakat dalam hal pelayanan keimigrasian seiring dengan dua predikat WBK (wilayah bebas dari korupsi) dan WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani) yang telah diraihnya.

Salah satu terobosan terbarunya adalah ‘SI PINTAR’ (Sistem Notifikasi Tahapan Izin Tinggal Keimigrasian), sebuah aplikasi sebagai upaya  Optimalisasi Pelayanan Izin Tinggal Keimigrasian kepada para stakeholder secara virtual dari Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian (Doklantalkim), Jumat (9/7/2021), yang dibuka langsung oleh Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Jaya Saputra.

Kepala Bidang Doklantalkim Anggoro Widjanarko mengatakan, bahwa inovasi aplikasi “SI PINTAR” dilatarbelakangi oleh banyaknya pertanyaan dari pemohon dan juga penjamin melalui aplikasi whatsapp dan media sosial tentang tahapan izin tinggal yang diajukan.

Baca Juga  Satu Pelaku Tawuran Dinoyo Ditangkap

Menurutnya, aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang memberikan pesan singkat tentang tahapan permohonan pengajuan izin tinggal keimigrasian melalui aplikasi whatsapp. Cara penerapannya cukup mudah, yaitu dengan memberikan nomor whatsapp kepada petugas. Kemudian, petugas akan memasukkan nomor tersebut ke dalam sistem aplikasi “SI PINTAR”.

Loading...

“Aplikasi tersebut akan dengan otomatis mengecek tahapan permohonan izin tinggal yang diajukan dan akan mengirimkan pesan notifikasi kepada nomor yang telah didaftarkan. Pemohon atau penjamin yang menerima pesan tersebut memiliki pilihan untuk melanjutkan notifikasi tahapan permohonan atau tidak,” ujar Anggoro.

Pada kesempatan sosialisasi secara virtual itu, Anggoro menunjukkan tampilan notifikasi yang akan diterima pemohon atau penjamin. Notifikasi yang dikirimkan terbagi ke dalam empat tahapan.

Pertama, pada saat permohonan telah diterima oleh petugas. Kedua, notifikasi terkait pemberitahuan pembayaran. Ketiga, pada saat pengambilan data biometrik. Keempat, saat proses permohonan Izin Tinggal telah selesai dan paspor dapat diambil. Seluruh notifikasi akan diberikan ke dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk jenis layanan yang dapat diberikan notifikasi melalui aplikasi “SI PINTAR” adalah permohonan ITK, ITAS, dan ITAP.

Baca Juga  Tujuh Anak Bawah Umur di Cabuli Guru Tari

Anggoro juga menjelaskan mengenai pelayanan yang diberikan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya selama masa PPKM. Pelayanan tersebut antara lain, pelayanan permohonan dan pengambilan paspor dalam keadaan darurat, seperti sakit, berobat dan sebagainya dengan disertai rekomendasi.

Kedua, menjawab pertanyaan dari masyarakat melalui nomor Whatsapp Kanim Surabaya. Dan Ketiga adalah pelayanan Izin Tinggal yang diterapkan secara online dengan mengakses laman www.izintinggal-online.imigrasi.go.id. (*)

Reporter: Boy
Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaPanglima TNI dan Kapolri Tinjau Serbuan Vaksinasi di Solo
Berita berikutnyaLPK RI Jember Buka Pengaduan Pasien Covid-19

Tinggalkan Balasan