Penutupan Renovasi RUTILAHU, Lamongan Sukses Perbaiki 178 Rumah

0
Tepat hitungan 1 bulan dimulai dari 20 Juni s/d 20 Juli 2022, Lamongan mampu menyelesaikan perbaikan 178 unit rumah tidak layak huni milik warga.

Lamongan, (kabarjawatimur.com) – Tepat hitungan 1 bulan dimulai dari 20 Juni s/d 20 Juli 2022, Lamongan mampu menyelesaikan perbaikan 178 unit rumah tidak layak huni milik warga. Program yang biasa disebut dengan RUTILAHU (Rumah Tidak Layak Huni) itu diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta Kodam V Brawijaya dan tentunya tidak luput dari dukungan Pemerintah Daerah.

Program yang merupakan salah satu bentuk pemenuhan program kerja Presiden RI yakni meretaskan kemiskinan ekstrem itu ditutup serentak se Jawa Timur secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara virtual berpusat di Kabupaten Ngawi.

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf mengikuti penutupan program Rutilahu tersebut dari salah satu rumah warga di Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Lamongan yang mendapatkan program Rutilahu yakni rumah alm. Paini, Kamis (04/08/2022).

Pada kesempatan tersebut, Abdul Rouf menyampaikan kepada Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa bahwa pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lamongan dapat terbantu dengan program Rutilahu.

“Program ini sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, karena bisa memenuhi kebutuhan papan sehingga menjadi layak. Kelayakan yang dirasakan oleh masyarakat itu bisa mengurangi sedikit demi sedikit kemiskinan yang terjadi di masyarakat,” terang Pak Bro.

Baca Juga  Raperda Dana Abadi Pendidikan Bojonegoro Disusun Melalui FGD

Pada kesempatan tersebut Abdul Rouf memberikan apresiasi kepada Kodim 0812 Lamongan yang telah menyelesaikan pembangunan rumah warga yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni.

“Dalam tempo 1 bulan, Kodim 0812 mampu menyelesaikan pembangunan rumah warga dari yang awalnya tidak layak huni menjadi layak huni. Itu kinerja yang luar biasa karena dilakukan cepat dan tepat,” ungkap Wakil Bupati yang akrab disapa Pak Bro itu.

Loading...

Lebih lanjut Pak Bro juga menitipkan karya bakti rutinan yang dilakukan oleh TNI AD Kodim 0812 itu kepada warga pemilik Rutilahu agar dipergunakan sebaik-baiknya.

“Rumah ini mungkin tidak seberapa nilainya, tapi Pemerintah memiliki niat baik untuk membantu bapak ibu semua agar memiliki tempat tinggal lebih layak dari sebelumnya. Jadi, saya meminta kepada bapak dan ibu agar menggunakan rumah ini dengan baik dan jangan lupa dirawat,” pesan Pak Bro saat menyerahkan bantuan sembako serta kunci rumah kepada warga penerima Rutilahu.

Baca Juga  BMW Indonesia Sajikan X4 xDrive30i M Sport

Dalam sambutan melalui platform zoom, Khofifah menerangkan alasan utama menyelenggarakan bantuan ini kepada masyarakat Jawa Timur. Pokok utama yang menjadi landasan ialah memberikan masyarakat tempat tinggal layak huni dengan fentilasi untuk sirkulasi udara yang sehat serta terdapat jamban yang sesuai.

“Rutilahu dan jambanisasi ini saya prioritaskan di Jawa Timur atas dasar ingin memberikan tempat tinggal yang layak. Karena tempat tinggal yang layak itu akan berpengaruh pada kesehatan penghuninya,” terang Khofifah.

Keberhasilan program RUTILAHU ini didasari dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lamongan, hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Kodim Lamongan 0812 Kav Endi Siswanto Yusuf.

“Mulai dari proses seleksi penerima bantuan di 27 Kecamatan yang ada di Lamongan hingga proses pembangunan rumah, hampir tidak ada kendala sama sekali. Keberhasilan ini diluar ekspektasi kami, hal ini tentu karena dukungan dari Pemkab Lamongan yang bersedia bersinergi dengan kami. Dan tentunya juga bantuan dari teman-teman Kodim juga warga yang ikut serta membangun rumah ini,” ungkap Endi. (*)

Reporter: Aziz.

Loading...
Artikulli paraprakBuka BIAN 2022, Bupati Gresik Ingatkan Pentingnya Imunisasi Anak

Tinggalkan Balasan