Pengajuan Izin Tinggal Kunjungan Imigrasi Tanjung Perak Meningkat

64
Petugas imigrasi sedang melakukan perekaman pada pemohon paspor. (ilustrasi)

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Sejak dibuka kembali pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya Juni lalu, pengajuan perpanjangan izin tinggal kunjungan (ITK) warga negara asing (WNA) mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya, Washington Saut Dompak mengatakan, per minggu ada 50 WNA yang melakukan permohonan perpanjangan ITK.

“Mulai Oktober, per minggu kurang lebih ada 50 permohonan,” ujar Washington, Rabu (11/11).

Kondisi ini sangat berbeda dengan jumlah permohonan pembuatan paspor oleh warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke luar negeri. Justru sebaliknya mengalami penurunan meskipun beberapa penerbangan ke luar negeri mulai dibuka kembali sejak pandemi. Per hari, pemohon pembuatan paspor hanya sekitar 10-20 pemohon.

Baca Juga  Laksanakan Yudisium ke-IV, Unugiri Bojonegoro Kukuhkan 145 Mahasiswa FKIP

“Rata-rata pemohon pembuatan paspor yang akan pergi ke luar negeri untuk umroh dan wisata. Itupun biasanya untuk persiapan saja, sambil
menunggu pintu negara tujuan dibuka kembali,” terang Washington.

Loading...

Sementara itu, pelayanan keimigrasian selama pandemi Covid-19 tetap akan menjalankan protokol kesehatan (prokes) selama wabah belum berakhir.

Humas Kanim Kelas I TPI Tanjung Perak Surabaya, Ronald mengatakan, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelayanan keimigrasian.

“Pelayanan di kantor sesuai protokol kesehatan. Tetap jaga jarak, pakai handsanitizer dan masker itu wajib untuk pegawai maupun pemohon,” beber Ronald.

Terkait pengawasan WNA pada Pilwali 2020, Ronald belum bisa memastikan kapan akan menggelar operasi yang melibatkan Polri dan TNI.

Baca Juga  Babatkan Celurit hingga Korban Tewas, Pelaku Diamankan Polisi

“Terkait Pilwali belum ada giat bersama mstansi lain untuk penindakan WNA di Wilayah Tanjung Perak. Yang pasti kami tetap jnlankan pem Indukan semai tupoksi kerja,” tandasnya. (*)

Reporter: Boy
Editor: Gita Tamarin

Loading...
Artikulli paraprakAKBP Sudamiran Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Dipindah ke Polda Jatim, Penggantinya Kompol Oki
Artikulli tjetërSapa Warga Dukuh Pakis, Paslon Nomor 2 Didoakan Warga Menang Pilwali

Tinggalkan Balasan