Penyerahan bantuan Ambulance dari Pemkab Gresik.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com)- Pemkab Gresik merespon cepat kondisi memperihatinkan kurangnya sarana kesehatan di Rutan Gresik dengan memberikan bantuan mobil ambulance.

Saat itu, salah satu warga binaan meninggal dunia usai di bawa ke rumah sakit dengan menggunakan mobil tahanan.

Kebutuhan ambulan itu untuk mempermudah Rutan merujuk warga binaan yang sakit parah. Bantuan diberikan, Kamis (9/9/2021). Mobil berwarna putih itu nampak sudah terparkir di halaman depan rutan yang terletak di Jalan Banjarsari Gresik.

Mobil berjenis Suzuki APV itu dilengkapi tandu, kotak P3K, wastafel dan tabung oksigen. “Alhamdulillah, sudah dari kemarin sore,” ujar Karutan Gresik Aris Sakuriyadi.

Aris bercerita bahwa ambulan tersebut diambil pihaknya dari Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Gresik. Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, dr. Rini Sulistiyoasih memberikan kunci dan berita acara serah terima secara simbolis. Aris pun mengapresiasi respon cepat yang diberikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Baca Juga  Sambangi BMKG Bawean, Bupati Gresik Berharap Bencana Mudah Terdeteksi
Loading...

“Respon sapak bupati sangat luar biasa, kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepada kami,” tutur Aris.

Aris menegaskan bahwa pihaknya akan memanfaatkan ambulan ini dengan sebaik-baiknya. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat pun bisa semakin optimal.

Sebelumnya, pihak rutan terpaksa mengantar tahanan yang sakit parah ke rumah sakit menggunakan mobil tahanan. “Poliklinik kami terbatas, sehingga ketika perlu penanganan lebih lanjut, kami harus merujuk warga binaan ke rumah sakit yang alatnya lebih lengkap,” imbuh Aris.

Hal senada diungkapkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono. Dia mengapresiasi langkah yang diambil Pemkab Gresik. Menurutnya, kolaborasi kinerja ini harus terjalin secara berkelanjutan. Mengingat, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi Rutan Gresik. Diantaranya kebutuhan air bersih yang selama ini masih harus membeli dari agen air sumber.

Baca Juga  Embat HP Dokter, Remaja ini Berurusan dengan Polisi

“Selama ini Rutan Gresik harus mendatangkan 3-5 tanki air untuk memenuhi kebutuhan dasar warga binaannya,” tutup Krismono. (*)

Reporter: Eko/Azharil Farich

Loading...
Berita sebelumyaTemuan Bancakan Honor Sebesar Rp 14 Miliar Segera Diteruskan ke APH
Berita berikutnyaJalan Rusak Akibat Material Tambang, Bos Galian C ‘Urunan’

Tinggalkan Balasan