Pelantikan 264 Kades Serempak di Gresik Didominasi Petahana

76
Foto: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melantik 264 kades baru hasil pilkades serentak.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Sebanyak 264 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak, resmi dilantik oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di halaman belakang Pemkab Gresik, pada Senin (9/9/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Pelantikan kali ini tampak didominasi oleh kades petahana sebanyak 143. Diantaranya 61 kades menjabat yang ketiga kalinya, 82 kades menjabat yang kedua kalinya dan 121 kades baru pertama kali menjabat.

Sambari Halim Radianto menyampaikan, bahwa keberadaan kades ibarat miniatur pemerintah daerah. Oleh karena itu, kepemimpinan kades menjadi cerminan bagi pemerintah secara keseluruhan.

“Kalau kepala desa semuanya bagus maka kecamatan akan bagus. Demikian pula kabupaten hingga pemerintahan pusat juga akan bagus,” kata Sambari dalam sambutannya.

Baca Juga  BMW Indonesia Sajikan X4 xDrive30i M Sport

Untuk itu, lanjut Sambari, dalam waktu dekat perlu kiranya dilakukan pembekalan terhadap para kades. Yakni pembekalan tentang aturan dan perundangan, pembekalan administrasi pedesaan dan penggunaan dana desa.

Loading...

“Kalau ada anggaran kami akan melaksanakan pembekalan para kades baru ini. Dan ada empat hal yang perlu diterapkan yakni transparansi, akuntabilitas, pelibatan seluruh masyarakat desa dan displin/tertib adimistrasi,” ungkapnya.

Dia pun berpesan agar kades yang baru dilantik untuk melupakan masa lalu saat kontestasi pilkades. Baik soal besarnya dana yang dikeluarkan maupun persaingan dengan calon kades yang tidak terpilih.

“Jangan berharap anda ingin mengembalikan dana serta tenaga yang sudah anda keluarkan. Yang penting anda harus merangkul semuanya. Terutama calon kades yang tidak terpilih beserta tim suksesnya,” paparnya.

Baca Juga  Warga Desa Dayukidul Kecamatan Kedungadem Keluhkan Galian C

Tampak hadir dalam pelantikan antara lain, Wabup Gresik Moh Qosim beserta istri, seluruh pimpinan Forkopimda Gresik, Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya beserta istri dan Ketua TP-PKK Gresk Maria Ulfa Sambari. (*)

Reporter: Azharil Farich
Editor: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakWanita Tertabrak KA diduga Bunuh Diri, Polsek Asemrowo Amankan Lokasi
Artikulli tjetërBPNT Tahap II Akan Segara Direalisasikan

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan